Keuchik Mesjid di Abdya Salurkan BLT dan Santuni Yatim

Warga Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Abdya menerima BLT jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Balai Desa Mesjid, Minggu (7/4/2024)
Bagikan:

“Sesuai hasil musyawarah, jumlah penduduk 324 jiwa yang terdiri 116 kepala keluarga, sebanyak 19 warga berhak menerima BLT tahun 2024.” Kata Keuchik Kasman.

Jurnalis: Rizal

ANTARAN|BLANGPIDIE-Sebanyak 19 warga miskin kategori lansia dan penyandang disabilitas di Gampong (desa) Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap I (Januari, Februari dan Maret) tahun 2024.

Pantauan antaran, selain meluncurkan BLT tahap pertama, Keuchik (Kepala Desa) setempat juga menyantuni belasan anak yatim yang berlangsung di Kantor Keuchik, Minggu (7/4/2024) pagi.

Dana BLT bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2024, per penerima asas manfaat disalurkan Rp 300.000 di setiap bulan tersebut diserahkan secara simbolis kepada enam warga gampong Mesjid.

“Pada tahap pencairan pertama, masing-masing penerima diserahkan sebesar Rp 900.000. Dana ini sangat membantu kebutuhan menyambut hari raya,” kata Keuchik Gampong Mesjid, Kasman didampingi PD Tahir dan PLD Muhajir dan anggota Tuha Peut, Mawardimar serta disaksikan Sekdes dan para kepala dusun (kadus).

Kasman menyebutkan, setelah penyerahan secara simbolis ini, sejumlah penerima manfaat BLT lainnya dipersilakan untuk menghadap Kaur Keuangan Gampong Mesjid untuk menerima dana BLT sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan.

Melalui momentum bulan suci Ramadhan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1445 hijriah, kami juga menyantuni belasan anak yatim. Mudah-mudahan Allah SWT memberi keberkahan kepada kita semua.

“Tadi sudah kita serahkan secara simbolis kepada beberapa anak yatim. Untuk selanjutnya akan kita salurkan secara langsung ke rumah masing-masing,” ungkap Kasman.

Gampong Mesjid merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tangan-Tangan, dengan jumlah penduduk 324 jiwa dari 116 KK (kepala keluarga). Dari jumlah tersebut, tercatat 19 warga berhak menerima BLT tahun 2024. Ini adalah hasil musyawarah bersama dalam rapat Musdes, Tuha Peut, para Kadus, termasuk tokoh masyarakat.

Adapun jumlah warga yang berhak menerima BLT tahun 2024 masih sama dengan tahun lalu (2023-red), yakni sebanyak 19 orang. Para penerima telah melalui verifikasi untuk menghindari ketimpangan dan penerima bantuan sosial lainnya, beber Kasman.

Lebih lanjut, Keuchik Kasman menjelaskan, penerima BLT tahun 2024 tersebar di tiga dusun, yaitu; Ujung Blang, Simpang Tig dan Lampoh U.

Dana BLT sebesar Rp 300.000 per orang per bulan tersebut disalurkan empat tahap. Tahap I (Januari, Februari dan Maret) sudah disalurkan April ini. “Insya Allah, pasca lebaran nanti kita salurkan lagi untuk bulan April pula,” tuturnya. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.