KIP Aceh Selatan Ajak Peserta Pemilu Taati Aturan Kampanye

Komisioner KIP Aceh Selatan, Sudarman Syarif, ST sedang memaparkan regulasi kampanye dan SIKADEKA kepada peserta sosialisasi. ANTARAN/Sudirman Hamid.
Bagikan:

“KIP menghimbau partai politik mentaati aturan kampanye dan larangan kampanye, baik itu materi maupun peserta kampanye yang diharamkan,” kata Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan menggembleng pengurus partai politik (Parpol) peserta pemilu tentang tata cara dan aturan kampanye dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

Pantauan antaran, edukasi dan regulasi tentang tatacara dan aturan Sistem kampanye dan Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (SIKADEKA) dikemas dalam kegiatan sosialisasi dihadapan pengurus Parpol peserta Pemilu dan jajaran Forkopimda Aceh Selatan di Aula Pariwisata, Tapaktuan, Jum’at (24/11/2023).

Baca Juga:  Amankan Pleno KIP, 135 Personel TNI-Polri Diterjunkan ke Lokasi

Dihadapan peserta, Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi, SE mengatakan, tujuan pihaknya melaksanakan sosialisasi untuk memberikan pemahaman yang sama kepada Parpol dalam menerapkan aturan kampanye.

“KIP menghimbau partai politik mentaati aturan kampanye dan larangan kampanye, baik itu materi maupun peserta kampanye yang dilarang,” kata Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi.

Tegas disampaikan, aturan dan tatacara kampanye diatur dalam Undang-undang Nomor: 7 Tahun 2017 sebagaimana tercantum pada Pasal 267 sampai pasal 324.

Baca Juga:  Ini Syarat dan Mekanisme Pembentukan Sekretariat PPS Pemilu 2024

Sementara larangan atau yang diharamkan tentang kampanye diamanahkan pada pasal 280 dan pasal 281.

Aturan ini, sebut Kafrawi, sesuai amanat PKPU Nomor: 15 Tahun 2023, sebagaimana diubah dengan PKPU 20 tentang kampanye dan SIKADEKA.

“Bukan sekedar sandiwara, pelanggaran kampanye dan SIKADEKA secara ketat dan tegas dibungkus juga dalam Undang-undang nomor: 7 Tahun 2017 pada pasak 280 ayat 2. Dimana calon legislatif bisa dicoret dari peserta pemilu dan calon terpilih,” beber Kafrawi.

Baca Juga:  Hasil Survei Nasional Pemilu 2024 Mengejutkan

Informasi diperoleh antaran dari panitia pelaksana, peserta yang diundang untuk mengikuti sosialisasi, masing-masing Parpol dua orang, terdiri Ketua dan tenaga operator.

Tampil sebagai nara sumber, Sudarman Syarif, ST (komisioner KIP). Selain 25 peserta, juga hadir unsur Polres Aceh Selatan, Kodim 0107, Panwaslih, Kesbangpol dan elemen terkait.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.