KIP Aceh Selatan Buka Pendaftaran Caleg Pemilu 2024

Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi. Foto Dok Saiful Bismi
Bagikan:

“Keberadaan aplikasi ini salah satunya untuk memudahkan proses pemeriksaan data calon,” sebut Saiful Bismi. 

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Sesuai tahapan Pemilu serentak tahun 2024, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan membuka penerimaan pengajuan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) untuk Partai Politik dan Partai Politik lokal peserta Pemilu pada kepengurusan tingkat Kabupaten Aceh Selatan.

Ketua KIP Kabupaten Aceh Selatan, Saiful Bismi SE menyebutkan, pendaftaran calon legislatif anggota DPRK Aceh Selatan pada Pemilu tahun 2024 menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Keberadaan aplikasi ini salah satunya untuk memudahkan proses pemeriksaan data calon,” sebut Saiful Bismi kepada Antatan, Senin (24/04/2023) melalui via WhatsApp.

Lebih lanjut, jelas Saiful, dokumen persyaratan administrasi Bakal Calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 sampai dengan Pasal 23 Peraturan KPU
yang mengatur tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Baca Juga:  Ketua KIP Aceh Supervisi Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu Aceh Selatan

“Dan Pasal 7 Keputusan KIP Aceh Nomor 36 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPRA dan DPRK dari Partai Politik Lokal Peserta Pemilu Tahun 2024, dalam bentuk digital diunggah di Silon,” kata Saiful.

Selanjutnya, kata Saiful Bismi, untuk alokasi jumlah calon anggota DPRK Aceh Selatan yang disulkan oleh Partai Lokal dan Nasional berbeda dimana.

“Parlok (Partai Lokal-red) alokasi calonnya sebanyak 120% dari jumlah alokasi kursi perdapil sedangkan Parnas (Partai Nasional-red) sebanyak 100% dari alokasi kursi perdapil,” kata Saiful.

Saiful Bismi juga mengharapkan, dengan dibukanya pendaftaran bakal calon anggota DPRK Aceh Selatan, kepada pengurus Partai dan calon dapat mempersiapkan seluruh dokumen persyaratan.

Baca Juga:  Diduga Belum Kantongi Izin Garapan, Aktivitas di Dua Lokasi Perkebunan Sawit Dihentikan Sementara

“Harapan kami semoga partai dan para calon supaya dapat mempersiapkan seluruh dokumen syarat dan persyaratan untuk pencalonan anggota DPRK Aceh Selatan, serta mendaftarkan para calonnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yakni sejak tanggal 01 sampai dengan 14 Mei 2023,” ujarnya.

Untuk dokumen pengajuan, sambung Saiful, surat Pengajuan menggunakan formulir Model B-Pengajuan-Parpol untuk Partai Politik dan Model B-Pengajuan-Parlok untuk Partai Politik Lokal dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang diunggah di Silon.

Serta daftar Bakal Calon menggunakan formulir Model B-Daftar.Bakal.Calon untuk Partai Politik dan Model B-Daftar.Babak.Calon-Parlok untuk Partai Politik Lokal, disertai foto diri terbaru bakal calon dan dilampiri dengan dokumen pengajuan bakal calon yang ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Politik/Partai Politik Lokal Peserta Pemilu atau nama lain.

Baca Juga:  Terkait Penataan Dapil Kluet Raya, Kantor KIP Aceh Selatan di Demo APKR

Dan Sekretaris Jenderal Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain yang sah sesuai dengan Keputusan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia tentang pengesahan susunan pengurus partai politik tingkat pusat dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang diunggah di Silon.

“Dokumen surat pengajuan dan daftar bakal calon sebagaimana dapat diunduh pada laman https://silon.kpu.go.id. Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pengajuan bakal calon anggota DPRK dapat menghubungi helpdesk KIP Kabupaten Aceh Selatan, di No HP Sdr. Agus (0821 6663 4675) atau Sdr. Hermanto (0813 6044 4809), pada hari kerja, pukul 08.00 sampai dengan 17.00 wib atau dapat melalaui Email : [email protected],” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.