KIP Aceh Selatan Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Petugas KPPS di TPS 05 Lhok Keutapang, Tapaktuan memberikan surat suara kepada salah seorang pemilih untuk dilakukan pemungutan suara saat berlangsung simulasi Pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di halaman Kantor KIP Aceh Selatan. ANTARAN / Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Simulasi ini memastikan kesiapan penyelenggaraan, jadwal waktu dan kendala akan terjadi, KIP Aceh Selatan melaksanakan simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024,” kata Ketua KIP Kafrawi, SE.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan menggelar simulasi Pemungutan dan Perhitungan suara Pemilu 2024 dengan melibatkan 223 pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT), TPS 05, Gampong Lhok Keutapang, Tapaktuan, Minggu (24/12/2023).

Pantauan antaran, prosesi pemungutan dan perhitungan suara dikemas di halaman kantor KIP Aceh Selatan, jalan T. Ben Mahmud, Tapaktuan berjalan efektif, tertib, aman dan lancar. Kondisinya benar-benar seperti pelaksanaan pemungutan suara di perhelatan pesta demokrasi sebenarnya.

Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi SE yang diwawancarai menyebutkan, simulasi Pemungutan dan Perhitungan suara Pemilu 2024 bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam mewujudkan perubahan dengan menentukan pilihan sesuai hati nurani. Partisipasi pemilih menjadi acuan dalam kesuksesan Pemilu dalam menentukan masa depan daerah, bangsa dan negara.

Baca Juga:  Kendalikan Inflasi, Pemkab Aceh Selatan Gelar Pasar Pangan Murah

Ada tiga hal krusial yang menjadi inti untuk bahan evaluasi mendasar. Simulasi ini bisa menggambarkan sejauh mana persiapan dan kesiapan yang akan diemban penyelenggara Pemilu, termasuk mental dan fisik. Selanjutnya, kendala atau human error dan takaran waktu yang ditetapkan KPU.

“Simulasi ini memastikan kesiapan penyelenggaraan, jadwal waktu dan kendala yang akan terjadi. KIP Aceh Selatan melaksanakan simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 untuk mengetahui pelaksanaan Pemilu 2024 sukses dan lancar,” kata Ketua KIP Kafrawi SE.

Disebutkan, estimasi jadwal pemungutan suara berlangsung pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, kemudian kesiapan penyelenggara Pemilu harus benar-benar berjalan sesuai prosedural dan kendala yang akan dihadapi meliputi kerusakan surat suara, tata cara perhitungan dan human error dapat dikendalikan dengan baik.

Baca Juga:  Distan Aceh Selatan Gelar Fiel Day Penerapan PHT Tanaman Pala

Ia menuturkan, sebagai sample simulasi, KIP Aceh Selatan menggandeng pemilih TPS 05 Gampong Lhok Keutapang, Tapaktuan dengan jumlah DPT 223 orang. Alasannya, ungkap Kafrawi, TPS 05 Lhok Keutapang mudah dijangkau dan berdekatan dengan KIP.

“Untuk kelancaran dan pertimbangan waktu pemungutan suara dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, kami mengambil TPS terdekat. Karena KPPS-nya belum terpilih dan terbentuk, KIP melibatkan PPK dan PPS yang sudah ada,” papar Kafrawi.

Kafrawi menambahkan, simulasi ini juga menggunakan aplikasi perhitungan suara Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) untuk di Pleno di tingkat TPS. Hasil perolehan suara di TPS, nantinya menjadi bahan pleno final ke jenjang PPK, KIP Kabupaten hingga KIP Aceh dan KPU Pusat.

Terpisah, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Panwaslih Aceh Selatan, Basar Mulyadi mengatakan, Simulasi pemungutan dan perhitungan suara sangat penting dilaksanakan untuk menggali kendala yang akan dihadapi serta mengkroscek kesiapan penyelenggara Pemilu 2024, mulai dari KIP hingga KPPS.

Baca Juga:  Soal Suplai Air Macet, Pj Bupati Simeuleu Panggil Dirut PDAM

“Simulasi ini menjadi pedoman nyata untuk kelangsungan Pemungutan dan Perhitungan suara Pemilu tanggal 14 Februari 2024, selain mendongkrak partisipasi pemilih,” ucap Basar Mulyadi.

Harapan, katanya, simulasi ini benar-benar terlaksana dengan baik untuk menciptakan kesuksesan Pemilu 2024 sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU. Kami apresiasi KIP Aceh Selatan yang telah melaksanakan simulasi ini.

Selain melibatkan semua komisioner KIP, PPK dan PPS, pelaksanaan simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 juga dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Ilham Sahputra, S.STP, M.Si, Jajaran Polres dan Kodim 0107, Camat Tapaktuan dan komponen berkompeten lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.