Kisah Inspiratif TNI-Polri di Aceh Arungi Sungai Kawal Logistik Pemilu ke Desa Terpencil

Kondisi Tim pendistribusian logistik Pemilu mengarungi sungai menuju desa terpencil Alue Keujruen, Kluet Tengah, Aceh Selatan, Provinsi Aceh. ANTARAN/Foto Dokumentasi Humas Polres.
Bagikan:

“Saat mengarungi sungai menuju Desa Alue Keujruen, Kluet Tengah, perahu yang kami tumpangi trouble dan terpaksa ganti perahu,” kata Aiptu Samsul Bahri.

 Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN l BANDA ACEH-Panggilan tugas dan tanggungjawab menyisakan kesan dan kisah tersendiri dalam meniti perjalanan hidup, termasuk personel TNI-Polri. Kisah nyata terbingkis dari perjalanan pengawalan pendistribusian logistik Pemilu ke Desa Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3 T), Gampong (desa) Alue Keujruen, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Selasa, 13 Februari 2024.

Pendistribusian logistik Pemilu 2024 itu dilaksanakan pada H-1 pencoblosan dari pusat pemerintahan kecamatan Kluet Tengah, Manggamat menuju desa terpencil. Satu-satu akses transportasi hanya melalui sungai dengan jarak tempuh menelan tiga jam perjalanan dengan menggunakan perahu bermesin.

Informasi dihimpun antaran, pemukiman penduduk terpencil Alue Kejruen, Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan berada di kaki hutan belantara dan termasuk dalam kawasan ekosistem Leuser serta dihuni penduduk penuh kenyamanan.

Baca Juga:  Resahkan Warga, Polres Simeulue Amankan Warga Asing

Menjejaki perjalanan tugas pendistribusian logistik untuk mensukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Selatan, berikut penuturan Aiptu Samsul Bahri yang ikut berjibaku mengarungi sungai.

“Saat kami dalam perjalanan tim pendistribusian sempat mengalami trouble, di mana perahu yang mereka tumpangi mengalami kerusakan pada mesin. Dengan susah payah dan berada di perairan sungai, rombongan berusaha memperbaiki. Namun upaya yang dilakukan gagal, mesin perahu tidak kunjung membaik,” papar Samsul Bahri, Rabu (14/2/2024) sekembali dari bertugas.

Ia menambahkan, demi pencapaian tugas dan target maksimal, petugas yang terdiri dari kepolisian, TNI, PPK dan Panwascam memutuskan melangsir logistik Pemilu dengan menggunakan perahu lain. Jika tidak, jadwal pelaksanaan Pemilu di Alue Kejruen akan mengalami kendala.

“Perahu yang kami tumpangi untuk pendistribusian logistik pemilu rusak parah, solusinya terpaksa dilangsir ke perahu lain dan meneruskan perjalanan. Yang terpikirkan oleh tim, bagaimanapun caranya surat suara bisa sampai di Alue Kejruen dengan aman dan selamat,” tutur Samsul Bahri mengisahkan melalui sambungan telepon genggam.

Baca Juga:  Panwaslih Aceh Singkil Lakukan Pengawasan Intens Rekapitulasi Surat Suara Tingkat Kabupaten

Selain berprofesi sebagai seorang polisi, pria itu juga ahli di bidang pilot drone itu menyebutkan, jumlah masyarakat yang berdomisili di Desa Alue Keujruen sebanyak 240 jiwa dan sudah memiliki hak pilih berjumlah 201 orang.

Terpisah, Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Joko Krisdiyanto, Sik mengatakan Polres Aceh selatan bersama Kodim 0107 Aceh Selatan telah memberikan perhatian khusus dalam pendistribusian logistik Pemilu dan melaksanakan pengaman di Desa Alur Keujruen, Kecamatan Kluet Tengah.

Kinerja Polres dan Kodim Aceh Selatan sangat maksimal dan sinergis, faktor medan yang dilalui ke desa terpencil Alue Keujruen begitu sulit dan jarak yang sangat jauh menggunakan transportsi sungai. Petugas yang melaksanakan pengaman di sana adalah petugas pilihan dan dibekali dengan alat komunikasi khusus, yaitu telepon satelit, papar

Baca Juga:  Satresnarkoba Polres Aceh Selatan Cokok Nelayan Sawang Terlibat Sabu

“Untuk daerah terpencil di Aceh Selatan telah kita siapkan petugas pilihan untuk pengamanan yang disertai sarana dan prasarana memadai. Begitu juga dengan daerah terpencil di wilayah lain. Ini salah satu upaya untuk mensukseskan Pemilu di Aceh,” kata Joko Krisdiyanto.

Atas tugas-tugas yang diemban, kami juga menyampaikan berterima kasih kepada rekan-rekan TNI, Panwaslu, dan seluruh masyarakat yang telah ikut menyukseskan pendistribusian logistik.  Sehingga pelaksanaan pencoblosan hari ini berlangsung aman, damai, dan lancar, khususnya di Desa Alur Keujruen, tutup Kabid Humas Polda Aceh. (*)

Kondisi Tim pendistribusian logistik Pemilu mengarungi sungai menuju desa terpencil Alue Keujruen, Kluet Tengah, Aceh Selatan, Provinsi Aceh. ANTARAN/Foto Dokumentasi Humas Polres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.