Kumpul 4 Juara PKA-8, Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Anjungan Aceh Selatan

Kondisi pengunjung saat antri di tangga masuk Anjungan utama Aceh Selatan. ANTARAN/Sudirman Hamid
Bagikan:

“Berdasarkan rekam daftar hadir dan yang mengisi buku tamu, sampai hari ini sudah tembus diatas sepuluh ribu pengunjung di anjungan Aceh Selatan,” kata Teuku Mudasir.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN | BANDA ACEH – Memasuki hari ke enam perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)-8, jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan di Rumoh Adat Aceh Selatan.

Pantauan antaran, selain diberlakukan sistim antri karena kekhawatiran over kafasitas, diatas pukul 22.00 wib pun masih ada pengunjung memohon dapat masuk anjungan. Namun panitia tetap patuh dan menjujung tinggi kebijakan dan aturan panitia PKA Provinsi untuk menutup tepat waktu.

Baca Juga:  Harga Pinang dan Kakao di Abdya Stabil

Guratan dan situasi tersebut menunjukan animo masyarakat sangat tinggi untuk melihat dan mengamati keragaman peradaban Aceh Selatan walaupun rela antri dan berdesakan.

“Berdasarkan rekam daftar hadir dan yang mengisi buku tamu, sampai hari ini sudah tembus diatas sepuluh ribu pengunjung di anjungan Aceh Selatan,” kata Teuku Mudasir salah seorang panitia yang berkutat di Rumoh Adat, Kamis (9/11/2023).

Menurut Teuku Mudasir, persentasi pengisian buku tamu lebih kecil dibandingkan jumlah pengunjung sebenarnya. Alasannya, akibat terlalu padat dan berdesakan, pengisian buku tamu juga terkendala dan sulit dilakukan.

“Panitia harus mencuri waktu menyodorkan buku tamu kepada pengunjung. Fenomena ini paling bisa diterapkan hanya pada siang hari. Kalau suasana malam jelas-jelas kewalahan karena sangat ramai dan nyaris tidak terisi,” ucap Teuku Mudasir.

Baca Juga:  Sempat Tertunda Satu Bulan, Wardiati dan Ahlul Nazar Terpilih Ketua SEMA dan DEMA STAINĀ 

Sementara itu, Ketua Panitia Harian yang juga Kadisdikbud Aceh Selatan, Akmal AH, S.Pd membenarkan anjungan kesayangan kabupaten produksen pala sangat diminati pengunjung.

“Hingga hari ke enam perjalanan PKA-8 sudah terisi penuh beberapa buku tamu. Perkiraan kami sudah diatas sepuluh ribuan pengunjung yang berhasil diinvetarisir. Kali ini jauh lebih melonjak,” papar Akmal AH.

Seiring perjalanan waktu, kontingen Aceh Selatan telah berhasil mengumpul tiga juara satu ditambah satu juara dua. Prestasi yang ditoreh itu bukanlah catatan baru, sebab sebelumnya berhasil tampil sebagai juara umum.

Baca Juga:  Upacara HUT ke 78 Kabupaten Aceh Selatan, Ini Kata Pj Bupati Cut Syazalisma

Sesuai pengumuman resmi dari panitia pelaksana, tiga juara satu didulang dari perlombaan Boh Gaca (menginai pengantin), Geulayang Tarek dan Musik Garapan. Awalnya, Aceh Selatan terkebih dahulu mengantongi juara dua lomba Pawai Budaya,” urai Akmal AH.

“Pernak-pernik di lapangan harus dilalui penuh rintangan, bapak Pj bupati, Cut Syazalisma terus menerus memacu semangat dan selalu bersama peserta, baik koordinasi maupun evaluasi. Tanggungjawab beliau terlalu besar untuk daerah, bahkan terjun langsung ke lapangan,” pungkas Akmal mengakhiri konfirmasi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.