Kunker di Aceh Selatan, Pj Gubernur Aceh Serah Bantuan Pakan dan Obat-obatan Untuk Peternak Ayam

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki didampingi Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meninjau ternak ayam peterlur di Gampong Kuta Blang, Samadua. Foto: ANTARAN / Istimewa.
Bagikan:

“Usaha ternak ayam yang digagas di Aceh Selatan memiliki potensi yang sangat bagus. Potensi ini harus terus dikembangkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mendongkrak perekonomian rakyat,” kata Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Selatan, salah satu agenda menyalurkan bantuan pakan dan obat-obatan untuk kelompok ternak ayam petelor di Gampong Kuta Blang, Kecamatan Samadua, Selasa (9/5/2023).

Pantauan antaran, tiba di Aceh Selatan Pj Gubernur Achmad Marzuki bersama istri Ayu Candra Febiola Nazuar di peusijuk (ditepung tawar) oleh bupati Aceh Selatan Tgk Amran di Hall Pendopo jalan Nyak Adam Kamil, Tapaktuan.

Usai prosesi peusijuk di Hall Pendopo, rombongan menuju Bank Aceh Syariah Cabang Tapaktuan, menyalurkan bantuan kepada UMKM dan meninjau seawall (tembok laut penahan erosi).

Baca Juga:  Pj Gubernur Aceh Kunker Ke Aceh Selatan

Selanjutnya menyerah bantuan nelayan di gampong Gunung Kerambil, Tapaktuan serta menyerah bantuan pakan dan obat-obatan untuk peternak ayam broiler di Kuta Blang, Kecamatan Samadua.

“Usaha ternak ayam yang digagas di Aceh Selatan memiliki potensi yang sangat bagus. Potensi ini harus terus dikembangkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mendongkrak perekonomian rakyat,” kata Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki saat menyerah dua ton pakan dan obat-obatan kepada perwakilan kelompok tani Seutui Jaya, Kuta Blang.

Didampingi bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Gubernur Aceh Achmad Marzuki sempat meninjau keberadaan 4.500 ekor ayam petelur di kandang kelompok tani Seutui Jaya Kerjasama PT Haziq Farm Group.

Kepada antaran, Tgk Amran menyebutkan, pihaknya sudah menyampaikan harapan besar kepada Gubernur Aceh untuk memprioritaskan bantuan terhadap kelangsungan ternak ayam kelompok Seutui Jaya.

Baca Juga:  Akibat Luapan Sungai, Masjid Padang Kawa Abdya Tergenang Banjir

Tujuannya agar ternak ayam petelur tersebut bisa menjadi motor dan contoh bagi peternak-peternak lain, sehingga tidak ketergantungan dari produksi telur ayam luar daerah.

“Kami sudah sampaikan kepada bapak gubernur Aceh untuk memperhatikan dan membina kelompok usaha peternak ayam di Aceh Selatan. Tujuannya, supaya ternak ayam petelur tersebut bisa menjadi motor dan contoh bagi peternak-peternak lain, sehingga tidak ketergantungan dari produksi telur ayam luar daerah,” ujar Tgk Amran sepeninggal gubernur dari lokasi.

Pada kesempatan itu, Tgk Amran, juga menghimbau kepada masyarakat Aceh Selatan untuk gemar bertani dan beternak. Sekecil apapun hasil yang diperoleh bisa menutupi kebutuhan sehari-hari. Setidaknya ada penghasilan sampingan yang membawa keuntungan.

Baca Juga:  Tiba di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Pj Gubernur Disambut Tari Munalo

Terpisah, Ketua Kelompok tani Seitui Jaya, Aidil Firman yang diwawancarai menuturkan, pihaknya memiliki dua lokasi ternak ayam petelur (ayam broiler), yakni di Alue Simirah dan Kuta Blang, Kecamatan Samadua.

“Masing-masing lokasi dipelihara 4.500 ekor ayam dengan produksi 3.000 butir perhari. Dari 9.000 ekor ayam berproduksi sebanyak 6.000 butir telur yang dikawal oleh empat karyawan. Jika dihitung-hitung, pada masa awal ini biaya pengeluaran dengan pemasukan masih berimbang dan belum menunjukan keuntungan,” ungkap Aidil Firman.

Ia juga menyampaikan rasa syukur, karena hari ini Pj Gubernur Aceh sudah meninjau kondisi peternakan ayam mereka sekaligus menyalurkan bantuan berupa dua ton pakan dan obat-obatan. “Terima kasih atas bantuan dan perhatian pemerintah, mudah-mudahan menjadi batu loncatan untuk kami bergerak maju,” pungkas Aidil Firman.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.