Manejemen dan Dokter Spesialis RSUD-YA Tapaktuan Ditempa Training CODE Stroke

Direktur RSUD-YA Tapaktuan, dr H Syah Mahdi, Sp.PD memberi arahan saat membuka training implementasi CODE stroke kepada peserta. ANTARAN/Istinewa.
Bagikan:

“Training implementasi CODE Stroke salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tenaga medis dan tenaga kesehatan sebagai bagian dari pengembangan pelayanan stroke di RSUD dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan,” ujar Direktur dr Syah Mahdi, Sp.PD.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah-dr H Yuliddin Away (RSUD-YA) Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, menyelenggarakan Training Implementasi CODE Stroke Stroke melibatkan pemateri andalan.

Direktur RSUD-YA Tapaktuan, dr H Syah Mahdi, Sp.PD mengatakan, Stroke salah satu penyakit katastropik yang membutuhkan perawatan medis yang lama dan berbiaya tinggi. Penyakit ini memiliki angka kesakitan (morbiditas) dan angka kematian (mortalitas) yang masih tinggi di Indonesia dan dunia.

“Training implementasi CODE Stroke salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tenaga medis dan tenaga kesehatan sebagai bagian dari pengembangan pelayanan stroke di RSUD dr. H. Yuliddin Away yang kita cintai,” ujar Direktur dr Syah Mahdi, Sp.PD kepada antaran, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga:  Perlancar Mobilitas Petani, Pemerintah Gampong Lawe Cimanok Bangun Jembatan Darurat

Untuk mengatasi dan menangani Stroke diperlukan optimalisasi pelayanan dengan meningkatkan kemampuan sumber daya, penatalaksanaan, dan rujukan melalui jejaring pengampuan pelayanan rumah sakit. Karenanya perlu dilaksanakan training.

Menurut Syah Mahdi, dalam rangka penyelenggaraan jejaring pengampuan pelayanan stroke dapat terlaksana secara komprehensif, efektif, efisien, dan memenuhi indikator pengampuan.

“Menteri Kesehatan RI menunjuk RSUD-YA Tapaktuan sebagai Rumah Sakit Jejaring Pengampuan Pelayanan Stroke strata Madya berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1948/2022 Tentang Rumah Sakit Jejaring Pengampuan Pelayanan Stroke,” papar Syah Mahdi didampingi Kabid Pelayanan dr Ikram.

Baca Juga:  Pj Bupati Alhudri Minta Puskesmas Fokus Penanganan Stunting

Sebagaimana diketahui, RSUD-YA Tapaktuan sebagai Rumah Sakit Regional telah memiliki Dokter Spesialis Neurologi dan alat penunjang diagnostik berupa CT scan kepala berbandrol Gold Standard untuk penegakan diagnosis stroke secara cepat dan akurat.

Cakupan pelayanan kami, tuturnya, tidak hanya menerima rujukan dari Puskesmas dan kecamatan di wilayah Aceh Selatan, tetapi meliputi beberapa kabupaten/kota tetangga diantaranya Subulussalam, Singkil serta Abdya.

Untuk mengasah peserta Training CODE Stroke, pihak RSUD-YA Tapaktuan menghadirkan nara sumber andalan, seperti Prof Dr. dr. Syahrul, Sp. S (K), Dr dr. Nasrul musadir, Sp. S (K), Dr. dr imran, mkes , Sp. S (k) dan dr. Imelda, Sp.S.

Training ini dilaksanakan pada hari Selasa, 28 November 2023 dengan mengikutsertakan 50 peserta, terdiri dari Manajemen RSUDYA, Dokter Spesialis Neurologi, Dokter Spesialis terkait (Dokter Spesialis Radiologi, Bedah Saraf, Anastesi), Dokter IGD Triase, Perawat IGD, Perawat Ruang Saraf, Perawat ICU, Laboran Patologi Klinik, Farmasi, Penunjang (fisioterapi), Radiografer, terang Syah Mahdi.

Baca Juga:  Turun Lagi, Berikut Harga Cabai Rabai Rawit di Bener Meriah Hari Ini

“Melalui Training Implementasi CODE Stroke diharapkan RSUD-YA Tapaktuan dapat memberikan kontribusi energit dalam meningkatkan implementasi transformasi layanan rujukan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Manajemen dan para medis mendekatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan sekunder atau tersier bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Aceh Selatan sebagai Rumah Sakit Jejaring Pengampuan Pelayanan Stroke strata Madya di Provinsi Aceh.

“Kelak, pengetahuan yang diperoleh dari training implementasi CODE stroke ini dapat membantu pelayanan kesehatan bagi pasien stroke dari beberapa kabupaten tetangga,” pungkas Syah Mahdi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.