Mantapkan Persiapan Pemilu, Pj Bupati Aceh Selatan dan Forkopimda Tinjau Simulasi KIP Episode kedua

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP Maskot Pemilu (tengah) didampingi Komisioner KIP Yusrizal, ST, MT bersama Forkopimda saat peninjau Simulasi. ANTARAN/Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan KIP bertujuan untuk memantapkan persiapan penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024, sukses, aman, berkualitas dan berintegritas,” kata Cut Syazalisma.

 Jurnalis: Sudirman Hamid

 ANTARAN l TAPAKTUAN-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan kembali menggelar simulasi Pemungutan dan Perhitungan suara Pemilu 2024 kedua di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Selasa (30/1/2024).

Sebelumnya, KIP Aceh Selatan telah melaksanakan kegiatan serupa di halaman Kantor KIP, jalan T. Ben Mahmud, Tapaktuan dengan melibatkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05, Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan pada hari Minggu tanggal 24 Desember 2023.

Pantauan antaran, proses simulasi Pemungutan dan Perhitungan surat suara turut ditinjau Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Simulasi episode kedua ini diikuti sebanyak 284 pemilih yang terdaftar pada TPS 01, Gampong Jambo Apha, Kecamatan Tapaktuan atau wilayah terdekat dengan lokasi pelaksanaan simulasi.

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma mengatakan, kedatangan pihaknya bersama Forkopimda ke arena simulasi bertujuan untuk melihat perkembangan dan kesiapan penyelenggara pemilu dalam menghadapi pesta demokrasi yang tersisa 14 hari lagi.

“Setelah melihat proses simulasi, pihaknya optimis kesiapan dan persiapan pelaksanaan Pemilu di Aceh Selatan berjalan lancar, aman dan sukses. Selain kesiapan para penyelenggara Pemilu, jajaran pengamanan juga sangat baik dan siaga penuh,” ujar Pj Bupati.

Sementara itu, Koordinator Divisi teknis penyelenggara KIP Aceh Selatan, Yusrizal, ST, MT kepada wartawan mengatakan, simulasi bertujuan untuk merepresentasikan kesiapan hari pencoblosan dan perhitungan suara pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Ajang ini katanya, untuk mengetahui estimasi waktu dalam pelaksanaan pemungutan suara hingga jadwal perhitungan suara. Melalui simulasi ini, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dituntun tata cara menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP).

“Simulasi sangat penting dilaksanakan, mulai dari pemilih mendaftar di TPS, mendapatkan surat suara, masuk ke bilik suara, memasukkan surat suara ke kotak suara, hingga memasukkan jari ke dalam botol tinta. Proses terakhir perhitungan perolehan suara hingga pengisian aplikasi SIREKAP,” papar Yusrizal.

Proses penutup, ulasnya, setelah proses perhitungan suara selesai akan dilakukan pleno di tingkat TPS. Jadi, simulasi ini sangat menentukan kesiapan dan persiapan petugas penyelenggara Pemilu di TPS. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.