Masyarakat Aceh Akan Miliki Kampung Budaya Aceh di Sentul

Feri Mulia Darma SE Ketua Ketua Yayasan Kampoeng Boedaya Indatu Atjeh dan Mayor Jenderal TNI Herianto Syahputra, Ketua Pembina Yayasan
Bagikan:

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap budaya Aceh yang luar biasa, mulai dari seni tari hingga kuliner sebagai warisan budaya,” kata Herianto Syahputra.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|JAKARTA – Masyarakat Indonesia yang ingin menikmati budaya Aceh, belum berkesempatan mengunjungi Aceh, cukup datang ke Kampung Abdi, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Karena di sana akan dibangun “Kampung Budaya Aceh”, lengkap dengan rumah adat, dan Pusat Seni Budaya, yang akan diresmikan 16-17 Desember 2023 mendatang.

Penggagasnya adalah Mayor Jenderal TNI Herianto Syahputra, seorang Putra Aceh, yang kini menjabat Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat. “Ini bentuk kepedulian kami terhadap budaya Aceh yang luar biasa, mulai dari seni tari hingga kuliner sebagai warisan budaya,” kata Herianto Syahputra.

Baca Juga:  Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurus DPD Partai Ummat Abdya

Sebanyak 1.500 penari dari pelajar tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek, akan memeriahkan Launching, kampung budaya yang dinamakan ‘Kampoeng Boedaya Atjeh’ yang akan diluncurkan di Kampung Abdi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 16 dan 17 Desember 2023 mendatang.

Kata Herianto, saat ini seni tari Aceh cukup digandrungi oleh para pelajar se-Jabodetabek lewat program Seni Masuk Sekolah yang merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Puncak acara launching Kampoeng Boedaya Atjeh milik Masyarakat Aceh di Jabodetabek selain dimeriahkan tarian massal Ratoh Jaroe yang pernah memeriahkan pembukaan Asian Games 2018 lalu, juga akan digelar Festival Kuah Beulangong sebanyak 23 kuali sebagai representasi 23 kabupaten dan kota di Aceh.

Baca Juga:  Jalan Keude Baro Rusak Parah, Petani Kesulitan Mengangkut Hasil Perkebunan Mereka

Kuah beulangong adalah masakan khas Aceh berupa daging sapi atau kambing yang dilumuri bumbu khas Aceh. Menurut Herianto Syahputra, tokoh muda Aceh di Jakarta yang saat ini menjabat sebagai, Kampoeng Boedaya Atjeh itu nantinya akan menjadi pusat seni dan budaya Aceh di Jabodetabek dan sekitarnya.

Di sana, akan dibangun rumah adat Aceh yang dilengkapi dengan berbagai sarana seperti sanggar tari dan lainnya. Pengelolanya adalah Yayasan Kampoeng Boedaya Indatu Atjeh yang diketuai oleh Feri Mulya Darma, SE dan Herianto sebagai pembinanya.

Baca Juga:  Mudahkan Pelimpahan Perkara, MS Blangpide Terapkan e-Berpadu

Ketua Yayasan Kampoeng Boedaya Indatu Atjeh, Feri Mulya Darma, SE mengundang seluruh masyarakat Aceh di Jabodetabek khususnya dan masyarakat Aceh umumnya untuk datang ke kampung Abdi Sentul, pada tanggal 16 dan 17 Desember 2023 untuk menikmati sajian kuah beulangong dan beragam seni dan budaya Aceh, termasuk tari ratoh jaroe 1.500 penari dari pelajar tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk datang menghadiri, menyaksikan, dan menikmati launching Kampung Budaya Aceh, tanggal 16 dan 17 Desember 2023 mendatang,” Ujar Feri. “Akan ada pentas seni, festival kuah beulangong dan bazar kuliner Aceh,” imbuhnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.