MCS BPJS di Abdya Berikan Pelayanan Hingga Pelosok Gampong

LAYANAN MCS : Petugas BPJS Kesehatan Abdya memberikan layanan MCS kepada masyarakat Desa Mata Ie Kecamatan Blangpidie, Jumat (18/11/2022). ANTARANNEWS.COM/AGUS
Bagikan:

“Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Abdya. Namun hal itu juga harus mendapatkan dukungan dari semua kalangan masyarakat. Jangan sampai saat sedang sakit baru teringat untuk mengurus BPJS Kesehatan, hal itu sangat fatal dan bisa menghambat proses layanan kesehatan,” papar Samsul.

Jurnalis : Agus

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya) terus mempermudah masyarakat Kabupaten setempat untuk mendapatkan layanan kesehatan, salah satunya melalui Mobile Customer Service (MCS) yang turun langsung hingga ke pelosok Gampong.

Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Samsul Kamar, Jumat (18/11/2022) menyebutkan, sejauh ini layanan MCS telah banyak membantu masyarakat yang mengalami kendala dalam mendapatkan layanan kesehatan baik di Puskesmas maupun rumah sakit.”Pada prinsipnya MCS ini bertujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan peserta dengan konsep jemput bola,” jelasnya.

Baca Juga:  Sukses Ungkap Kasus Bom Ikan, Personel Polres Simeulue dan Warga Sipil Terima Penghargaan

Dikatakannya, pihaknya mendatangi gampong-gampong yang jauh jaraknya dari kantor BPJS Kesehatan Abdya untuk dapat memberikan layanan kepada peserta JKN-KIS. Pemilihan lokasi kunjungan ditentukan setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak setempat menyesuaikan dengan kondisi masyarakat.

“Hampir semua Kecamatan dalam wilayah Abdya telah kami datangi, terutama Gampong-Gampong yang posisinya jauh dari pusat Kabupaten. Untuk hari ini kami berada di Gampong Mata Ie Kecamatan Blangpidie, berbagai keluhan masyarakat kami tampung seperti pendaftaran peserta, perubahan data, pengaktifan kepersertaan dan lainnya. Luar biasa masyarakatnya sangat atusias untuk mendapatkan layanan melalui MCS ini,” ujarnya.

Melalui MCS, sambungnya, kebutuhan peserta akan layanan administrasi program JKN-KIS dapat terpenuhi, diantaranya pelayanan cepat pendaftaran baru peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP), pelayanan perubahan data, pemberian informasi dan pengaduan serta layanan administratif lainya.

Baca Juga:  Sambut Hari Juang TNI AD ke 77, Kodim 0107/Asel Gelar Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Harapannya layanan MCS ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik mungkin. Apalagi keberadaan MCS membuat masyarakat tidak perlu repot-repot mendatangi kantor BPJS Kesehatan Abdya sehingga akan lebih hemat waktu, biaya dan juga tenaga.

Lebih lanjut, kata Samsul, kebutuhan layanan kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dan diutamakan oleh masyarakat. Selama ini berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk meyakinkan dan memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan, terlebih Provinsi Aceh melalui program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) akan terus hadir untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Aceh.

“Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Abdya. Namun hal itu juga harus mendapatkan dukungan dari semua kalangan masyarakat. Jangan sampai saat sedang sakit baru teringat untuk mengurus BPJS Kesehatan, hal itu sangat fatal dan bisa menghambat proses layanan kesehatan,” papar Samsul.

Baca Juga:  Gelar Kemah Jurnalistik FJL Jaring Calon Jurnalis Lingkungan

Di juga mengatakan, uruslah kepersertaan BPJS Kesehatan itu sejak dini, agar pelayanan kesehatan yang diperoleh memuaskan.

“Selama ini, masih banyak persepsi di masyarakat baru akan mengurus BPJS jika sakit. Persepsi itu harus dihilangkan, karena hadirnya BPJS Kesehatan untuk membantu warga mendapatkan layanan kesehatan,” imbuhnya.

Farida salah satu warga mengaku sangat terbantu dan senang dengan adanya layanan MCS dimaksud. Diusianya yang tidak muda lagi, tentu sangat kesulitan jika harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan Abdya untuk mengurus kepersertaan.

Katanya, melalui MCS BPJS Kesehatan Abdya yang berlangsung di Desa Mata Ie, membuat dirinya merasa tenang karena dapat mengurus perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan cepat.

“Hadirnya MCS ini sangat membantu, petugasnya juga ramah serta pelayanannya mudah dan cepat,” tutur Farida.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.