Melalui Dana Desa, Petani Gampong Mesjid Terima Pupuk Gratis

Petani di Gampong Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya menerima pupuk gratis sumber dana desa tahun 2023, Selasa (2/5/2023). Foto: ANTARAN/Rizal
Bagikan:

“Kita sediakan pupuk non subsidi dengan kualitas terbaik, yang dapat digunakan oleh warga untuk padi dan tanaman palawija lainnya,” kata Kasman.

Jurnalis : Rizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Seratusan lebih petani di Gampong (Desa) Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (02/5/2023), menerima pupuk gratis yang disediakan pemerintah gampong setempat melalui dana desa (DD) program ketahanan pangan tahun 2023.

Kepala Desa (Keuchik) Mesjid, Kasman mengatakan, pupuk non subsidi yang disediakan pemerintah gampong melalui dana desa itu, merupakan kualitas terbaik yang di pesan langsung dari Sumatera Utara untuk memenuhi kebutuhan petani di gampong yang ia pimpin.

Baca Juga:  Taklukan Awak Awai Adu Penalti, Legend Meukek FC Maju ke Grand final U-40 VS PSK FC Abdya

“Kita sediakan pupuk non subsidi dengan kualitas terbaik, yang dapat digunakan oleh warga untuk padi dan tanaman palawija lainnya,” kata Kasman.

Lebih kurang sekitar 85 persen warga di gampong Mesjid merupakan petani yang mengelola sawah sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selebihnya merupakan pekebun dan pekerja serabutan lainnya.

“Dengan bantuan pupuk ini, kita telah meringankan beban petani. Ditambah lagi, kondisi ekonomi saat ini yang kian mencekik. Sementara, kebutuhan sehari-hari sangat tinggi. Untuk itu, bantuan ini sangat berarti,” demikian tandasnya.

Baca Juga:  Cegah Wereng Padi, Tim Lab PHP Nagan Raya Semprot Massal di Abdya

Sementara itu, Ketua Tuha Peut Gampong Mesjid, Hasanuddin mengucapkan ribuan terimakasih kepada pemerintah gampong yang telah menyediakan pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani. “Pupuk ini sangat berarti bagi petani. Apalagi pupuk yang disediakan dengan kualitas terbaik. Memang sangat membantu,” ungkapnya.

Disamping itu, penyediaan pupuk non subsidi dengan jenis 16-16-16 itu, merupakan hasil musyawarah bersama yang dituang dalam sebuah berita acara bersama warga Gampong Mesjid. “Berdasarkan hasil kesepakatan itulah, pemerintah gampong menyediakan pupuk dengan kualitas tinggi yang mampu memberikan hasil panen bagus untuk petani,” ujarnya singkat.

Baca Juga:  KIP Aceh Selatan Lantik 90 Anggota PPK

Amatan di lapangan, masing-masing kepala keluarga menerima satu kardus lebih pupuk non subsidi tersebut. Dimana, warga yang akan mengambil pupuk harus membawa bukti kartu keluarga (KK) menuju gedung BUMDes setempat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.