Melalui Inovasi Ngopi Literasi Wakaf, KUA Susoh Sosialisasikan SK Dirjen Bimas Islam

LITERASI WAKAF: KUA Susoh mengadakan Sosialisasi SK Dirjen Bimas Islam Nomor 564 tahun 2022 yang dikemas melalui program inovasi Ngopi Literasi Wakaf di Desa Rumah Dua Lapis Kecamatan Susoh, Abdya, Selasa (14/11/2023). ANTARAN / Agus 
Bagikan:

Program inovasi KUA Susoh dalam wakaf yaitu Ngopi Literasi Wakaf bertujuan sebagai upaya memberikan pemahaman tertib administrasi wakaf yang sudah online, sekaligus menumbuhkan semangat wakaf produktif di tengah masyarakat.

Jurnalis : Agus 

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengadakan sosialisasi SK Dirjen Bimas Islam Nomor 564 tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan pendaftaran tanah wakaf dan SK Dirjen Bimas Islam Nomor 565 tahun 2022 tentang tata cara perwakafan benda tidak bergerak dan benda bergerak selain uang.

Baca Juga:  Pagi Ini, Harga Cabe Merah di Banda Aceh Tembus Rp 100.000/Kg

Sosialisasi itu dikemas dalam kegiatan santai melalui program inovasi KUA Susoh yakni Ngopi Literasi Wakaf di Desa Rumah Dua Lapis Kecamatan Susoh, Selasa (14/11/2023).

Kepala KUA Susoh, H. Roni Haldi, Lc mengatakan, saat ini proses perwakafan di Kecamatan Susoh sudah berjalan secara dinamis. Hal ini dibuktikan setiap tahun ada peningkatan masyarakat yang mengajukan proses perwakafan ke KUA Susoh.

Sejauh ini program Kemenag dalam perwakafan yaitu jemput bola layanan wakaf mendapatkan nilai lebih dari masyarakat. Akan hal itu pihaknya sangat membutuhkan kerja sama Kepala Desa dan nadzir (pengelola wakaf) untuk merealisasikan program jemput bola tersebut.

Baca Juga:  Kapolres Simeulue Cek Inventaris di Gudang Logistik Pemilu 2024

Program inovasi KUA Susoh dalam wakaf yaitu Ngopi Literasi Wakaf bertujuan sebagai upaya memberikan pemahaman tertib administrasi wakaf yang sudah online, sekaligus menumbuhkan semangat wakaf produktif di tengah masyarakat.

Dia berharap agar para nadzir dalam memproses perwakafan mengacu pada SK Dirjen Bimas Islam Nomor 565 tahun 2022, terutama dalam blangko-blangko ikrar wakaf, akta ikrar wakaf dan pengesahan nadzir.

“Sosialisasi ini diadakan di Desa Rumah Dua Lapis. Turut hadir para penghulu dan penyuluh KUA Susoh, Kepala Desa Rumah Dua Lapis, Pewakif, Nadzir Desa Rumah Dua Lapis, para saksi dan tokoh masyarakat desa setempat. Hal ini penting untuk peningkatan layanan kepada masyarakat, terkhusus wakaf agar sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” ujarnya.(*)

Baca Juga:  KONI Aceh Akui SC Musorkab IV Curang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.