Memasuki Lebaran, Pabrik Sawit Hentikan Operasi Sementara, Ini Jadwalnya Dibuka Kembali

Harga sawit semakin anjlok. Seorang pekerja sedang memuat tandas buah segar (TBS) kelapa sawit ke truk untuk diangkut ke pabrik pengolahan minyak kelapa sawit (PMKS) di Aceh Barat Daya. ANTARAN/SUPRIJAL YUSUF
Bagikan:

Kecuali, pabrik PMKS PT Mon Jambee di Ie Mirah, Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya). “Pabrik ini baru beroperasi dan melakukan pembelian TBS petani kembali mulai, Kamis (14/07/2022),” kata Ihsan Jufri, seorang pedagang lainnya.

Jurnalis: Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|BANDA ACEH – Pabrik Pengolahan Minyak Kepala Sawit (PMKS) di wilayah Barat-Selatan Aceh (Barsela) sudah mulai menghentikan operasi sementara dan termasuk pembelian tandan buah segar (TBS) dari petani sejak, Jumat (08/07/2022).

Libur operasi ini dilakukan karena memasuki Hari Raya Idul Adha 1443 H. Yusran, seorang pedagang pemasok TBS ke PMKS di Abdya kepada antarannews.com, Sabtu (09/07/2022) mengakui, semua pabrik PMKS di wilayah Barsela sudah menghentikan operasinya sementara waktu sejak dua hari terakhir.

Baca Juga:  Sempat Trending di Media, DLH Aceh Selatan Bersihkan Sampah di Tepi Sungai Seurullah

“Pengumuman penghentian operasi pabrik sawit tersebut sudah diberitahukan sehari sebelum ditutup kepada seluruh agen pemasok buah sawit,” katanya.

Penghentian ini, lanjut Yusran, hanya untuk sementara waktu saja, lantaran memasuki lebaran Idul Adha 1443 H. Sejak pabrik dihentikan operasi, maka pembelian buah sawit dari petani juga distop.

“Kita sudah beritahu kepada semua agen pengumpul untuk sementara waktu tidak ada pembelian buah sawit, selama hari raya,” katanya.

Baca Juga:  Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Aceh Selatan Ajak Warga Sawang Akurasi Data Dasawisma

Dijelaskan, berdasarkan pengumuman resmi yang dikeluarkan pihak pabrik PMKS yang ada dalam wilayah Barsela, pembukaan operasi kembali pabrik dan termasuk pembelianTBS kepala sawit akan dilakukan lagi pada tiga hari raya, Selasa (12/07/2022) pekan depan.

Kecuali, pabrik PMKS PT Mon Jambee di Ie Mirah, Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya). “Pabrik ini baru beroperasi dan melakukan pembelian TBS petani kembali mulai, Kamis (14/07/2022),” kata, Ihsan Jufri seorang pedagang lainnya.

Baca Juga:  Golkar Aceh Jaya Usul Tujuh Nama Calon Bupati ke Jakarta

Dengan dimulainya operasi kembali pabrik sejak, Selasa dan Kamis pekan depan, maka para petani baru kembali melakukan panen sawit mulai Selasa (12/07/2022) pekan depan.

Untuk sementara, harga buah sawit masih berada dikisaran Rp 520/kg, setelah anjlok pertengah pekan ini mencapai Rp 120/kg dari harga Rp 640/kg sebelumnya.

Dengan posisi sekarang, harga sawit saat ini sudah anjlok mencapai 82,7 persen dari harga bulan April yang sempat tembus mencapai Rp 3.000/kg.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.