Menerisik Jauh Menembus Batas, Kesederhanaan Bupati Aceh Selatan

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran
Bagikan:

“Lazimnya seorang pimpinan pasti dilumuri aura terpandang dan terhormat, merasa lebih tinggi, sikap berkuasa serta ingin diagungkan. Seorang bupati tentunya ada keistimewaan tersendiri dalam lingkungan dan lingkaran birokrasi pemerintahan. Rupanya tidak semua pimpinan punya gaya eklusif dan harus dipuja-puji, kesederhanaan dan familiar dimiliki bupati Aceh Selatan Teungku Amran”

Penulis : Sudirman

ANTARAN|TAPAKTUAN – Menerisik dari berbagai sudut dan aspek, sosok sederhana dan rendah hati tersebut terpancar dan dimiliki Tgk Amran, Bupati Aceh Selatan. Mengungkap fakta dan kebenaran sesungguhnya, Tgk Amran dekat dan melekat dengan rakyat.

Kesederhanaan dan sikap rendah hati tersebut senantiasa merona dari raut wajah dan tutur bahasa sehari-hari, baik sesama masyarakat maupun di instansi pemerintah yang dipimpin. Fenomena dan sikap ini menjadi buah bibir masyarakat, cerdik pandai dan tokoh Agama setempat hingga menyentuh seantero jagat.

“Sang bupati satu ini tidak memendam rasa dendam kepada siapapun dan bisa diajak berdialog dengan ramah tamah, saling berkonstribusi saran pendapat untuk kemajuan daerah, termasuk membangun sendi-sendi pendidikan agama,” ujar tokoh pemerhati kebijakan pemerintah, Teuku Mudasir, Sabtu (18/03/2023).

Setahu dirinya, lanjut Teuku Mudasir yang kental disapa Cek Muh, Tgk Amran itu tidak suka menggunjing (menghina) dan memburuk-burukan orang lain, suka menolong orang tanpa mengharap pamrih. Tanpa pilih kasih dalam berteman serta tidak suka pamamerkan diri, baik selama ada tongkat jabatan walaupun sebelumnya.

“Perlu juga disampaikan, dalam mengambil kebijakan dan menyelesaikan masalah, Tgk Amran senantiasa meminta masukan dari semua elemen dan selalu menerima masukan seberat apapun sebagai solusi terbaik,” tandas Cek Muh.

Baca Juga:  STIT Hafas Kota Subulussalam Dikunjungi Tim Asesor BAN PT

Menapaki berbagai informasi dan rasa tidak mau gagal paham tentang sekelumit sifat dan sikap Tgk Amran, jiwa saya tersemat rasa ingin tahu dan bertemu orang nomor wahed di Kabupaten produsen Pala kian bergelora untuk menglengkapi catatan penulis tentang sepak terjang Tgk Amran.

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran didampingi Asisten III Setdakab, H Halimuddin (tengah) foto bareng anggota PWI Aceh Selatan di Hall Pendopo. Foto: Dokumentasi

Pagi yang bening, kicauan burung mulai senyap ketika mentari mulai menyinari penjuru bumi. Suasana “kota naga” masih agak sepi dari aktivitas warga, peluang waktu sengaja dipercepat pendatangi pendopo bupati Aceh Selatan di jalan Nyak Adam Kamil, Tapaktuan, Selasa, 21 Februari 2023 lalu.

Mengusung “sabuk kuli tinta” saya dan teman-teman Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tiba diruang tunggu pendopo untuk ajang silaturrahmi. Tidak lama berselang, tiba-tiba desitan suara daun pintu terbuka, sosok bertubuh langsing dan berpostur sederhana keluar dari “lambung istana” pucuk pimpinan di Aceh Selatan, dialah Tgk Amran.

Kami dijamu dan berdiskusi hebat di ruang Hall, Pendopo. Didampingi Asisten III Sekdakab, H Halimuddin, Teungku Amran bercerita panjang lebar tentang perjalanan mengemudi bahtera pemerintahan hingga penghujang masa jabatan akan berkahir sekira enam bulan lagi.

“Saya terus berusaha berbuat yang terbaik dan menyentuh kepentingan masyarakat, baik di sektor pembangunan maupun peningkatan perekonomian, pendidikan dan kemajuan pasantren-pasantren dengan kemampuan keuangan daerah. Aceh Selatan harus bangkit dan lebih maju, siapapun pimpinan nantinya harus kita dukung,” ujar Tgk Amran.

Ny. Kailida, S.Pd meyerahkan piagam penghargaan Hari Kartini kepada salah seorang warga.

Dikatakan bupati, banyak hal yang sudah diperbuat untuk Aceh Selatan, dalam kesempatan yang sempit ini tidak mungkin dijabarkan satu persatu. Perlu diketahui, niat tulus membangun dan menjawab aspirasi masyarakat dengan langkah-langkah yang pasti seusai wabah pandemic Covid-19 dan inflansi yang melilit nusantara.

Baca Juga:  The Aceh Institute Gelar Media Briefing Tentang Regulasi Kawasan Tanpa Rokok di Aceh Selatan

“Apa yang dilakukan itu seutuhnya untuk kepentingan rakyat dan menjadi buah tangan bagi kami dalam memimpin Aceh Selatan. Kelak akan hadir pemimpin yang baik sesuai hati nurani masyarakat dan semua itu atas titah serta kehendak Allah SWT,” cetus Amran.

Dari tatapan mata dan kepolosan bicaranya, ia mengakui tidak pernah terbesit upaya-upaya saling menggilas atau menghalalkan berbagai cara untuk kepentingan pribadi dan memuluskan antusias penggapai pucuk pimpinan. Siapapun yang akan muncul dan maju di pesta demokrasi, itu hak semua warga negara,” cetus Amran seraya menambahkan, kita lihat saja nanti.

Dari percakapan singkat dan rentetan informasi yang dihimpun, bayang-bayang sikap dan sifat bupati Aceh Selatan hingga menembus batas kepemimpinannya dapat disimpulkan memang rendah hati dan berjiwa besar. Ia tampil bersahaja, sederhana, ramah tamah kepada setiap orang dan tidak terlihat muluk walapun menggunakan lencana Burung Garuda.

Menjejaki lebih jauh siapa sosok Tgk Amran sebenarnya, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokuler Pemkab Aceh Selatan, Deka Harwinta Zianur, SH, M.Kom menyuguhkan data pendidikan dan riwayat pekerjaan yang di emban keluarga Tgk Amran.

Tgk Amran resmi dilantik dan diambil sumpah sebagai Bupati Aceh Selatan untuk sisa masa jabatan 2018-2023 oleh Plt Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRK Aceh Selatan, Kamis (25/6/2020).

Baca Juga:  DPRK Aceh Selatan Minta PLN Tapaktuan Tunda Pemindahan Mesin

Awalnya menjabat Wakil bupati Aceh Selatan pasangan H Azwir, S.Sos yang meninggal dunia di Rumah Sakit National University Hospital Singapura, Senin (2/12/2019). Pasangan ini unggul dalam Pilkada Aceh Selatan, Rabu (27/6/2018).

Berikut biodata Tgk Amran yang dirangkum antarannews.com :

· Tgk Amran Lahir Pasie Lembang, 12 Desember 1975, salah seorang tokoh pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Pernah menjabat sebagai Panglima Daerah GAM III Wilayah Lhok Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Motto Kehidupan : Kesabaran akan membawa keberuntungan.

Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal

* MIN PASIE REMBANG 1984-1989

* MTSN MTSN SUAK BAKONG 1990-1992

* MAN MAN TAPAKTUAN 1993-1995

Data Keluarga

Istri : Kailida, S.Pd

Pekerjaan : PNS

Anak : 1. Hasnatul Fitrah (Perempuan) Status Pelajar

2. Maghfirah Ifatinnora (Perempuan) status Pelajar

3. Muhammad Fadhil ( Lelaki) Pelajar

4. Muhammad Furqan (Lelaki) Pelajar

5. Farah Ainul Fitri Belum (perempuan) Pelajar

Pengalaman Pekerjaan

* Staf BRA Perwakilan Aceh Selatan di Banda Aceh BRA 2006-2007

* Staf BRR Perwakilan Aceh Selatan BRR 2007-2009

* Staf Badan Pengelola Kawasan Ekosistem Leuser Badan Pengelola Kawasan Ekosistem 2009-2013

* Staf BRA Perwakilan Aceh Selatan di Banda Aceh BRA 2006-2007

* Wakil Bupati Aceh Selatan Pemkab. Aceh Selatan 2018-2020

* Bupati Aceh Selatan 2020-2023 (sekarang)

Pengalaman Organisasi

* Panglima Daerah III Wil. Lhok Tapaktuan 2001-2005

* Ketua Umum Daerah KPA III Wilayah. Lhok Tapaktuan Komite Peralihan Aceh (KPA) 2005-2013

* Penasehat Partai Aceh Wil. Lhok Tapaktuan Partai Aceh 2009-2013

* Ketua Parta Nanggroe Aceh DPW Aceh Selatan Parta Nanggroe Aceh (PNA) 2013 – Sekarang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.