Menuju Kursi DPRK Aceh Selatan 2024-2029, Sawang Dibantai Meukek 4-1

Bagikan:

“Pada Pemilu 2019 lalu, putra Sawang berhasil meraih 4 kursi di DPRK Aceh Selatan. Prediksi sementara, Pemilu 2024 hanya bertengger satu kursi saja,” kata Awi.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN l TAPAKTUAN-Menelisik potret Pemilu 2019 Daerah Pemilihan (Dapil) 2 (Sawang-Meukek), Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, empat putra Sawang berhasil mengenakan jas dan dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) periode 2019-2024.

Pemilu 2024, Rabu, 14 Februari 2024, Sawang harus mengakui Meukek lebih unggul, baik dan kompak. Indikasinya, empat anak muda asal Meukek diprediksikan meraih kursi legislatif. Fakta ini berbanding terbaik dengan perjalanan Pemilu 2019. Dimana, Zamzami, ST (PKPI), Mulyadi, SE (PBB), Wali Puadi (PNA) dan Murhaban (PDA) sukses duduk di parlemen Aceh Selatan.

“Iya, pada Pemilu lalu, hanya Teuku Irwandi dari Partai Amanat Nasional (PAN) dari Meukek mendulang kemenangan sekaligus dia menjadi anggota DPRK Dapil 2 untuk bersanding bersama empat Caleg dari Sawang,” papar Awi mengenang historis, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga:  Labuhanhaji Sudah Miliki Fasilatas Olahraga Berstandar Nasional

Kontestan menuju kursi DPRK Aceh Selatan tahun 2024 menyisakan perhatian warga, harus diakui warga Meukek lebih konsentrasi dan mendukung kader-kader terbaik untuk berkiprah di zona perpolitikan.

Informasi dihimpun antaran dari berbagai sumber terpercaya serta didasari perolehan suara sementara melalui form C-1, empat anak Meukek diyakini mengantongi tiket menuju kursi DPRK Aceh Selatan, periode 2024-2029. Sementara satu-satunya Calon Legislatif (Caleg) Kecamatan Sawang, Muhmud dari Partai Nasional Aceh (PNA) mengumpul sebanyak 2.769 suara sementara.

“Sebenarnya pada Pemilu 2019 saya sudah berjuang maksimal, namun belum ada rezeki. Kala itu perolehan suara saya kalah tipis dengan Wali Puadi (Dedek). Alhamdulillah, kali ini agaknya Allah SWT membuka ruang saya melangkah ke Gedung DPRK,” ujar Mahmud melalui salah seorang tim suksesnya.

Baca Juga:  Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Dandim Cup I 2023 Resmi Ditutup

Walaupun belum ditetapkan atau dilakukan perhitungan suara berkekuatan hukum oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan, namun angin segar mulai menghiasi empat Caleg asal kecamatan Meukek.

Mari kita lirik perolehan suara sementara form C-1 yang memantik perhatian publik terhadap empat Caleg asal Meukek yang berpusar di Dapil 2.

Kita patut terkesima, dimana dua kontestan dari Partai Demokrat yang sama-sama dari Meukek berhasil meraup perolehan suara sementara sebanyak 6.400 suara. Mereka adala; Firauza Heldin dan Teuku Habibi.

Dilihat dari kaca politik tahun 2024, diprediksikan Demokrat akan mengatar dua jagonya mengenakan jas dan dasi di ruang DPRK Aceh Selatan.

Baca Juga:  HUT Dharma Wanita Persatuan Ke -23 Diwarnai Dengan Santunan Anak Yatim

Kemudian, Surya Hasmadi yang diusung Partai NasDem mendulang perolehan suara signifikan, seluruhnya terkumpul 4.873 suara. Ia berhasil mengalahkan posisi kerabatnya satu perahu, Rezka Kurniawan.

Keempat, Caleg berbendera matahari terbit, Partai PAN yang juga calon incumbent, Teuku Irwandi, dianya Kembali menoreh suara pada titik aman sebanyak 2.544 suara.

Melengkapi prediksi ini, antaran mengajak seluruh masyarakat bersabar hingga rekapitulasi (pleno) di tingkat PKK kecamatan di gelar serta berlangsung pleno KIP.

Ketua KIP Aceh Selatan Kafrawi, SE yang dikonfirmasi menyebutkan, hasil rapat komisioner KIP menetapkan jadwal rekapitulasi PKK di seluruh Aceh Selatan pada Minggu tanggal 18/2/2024.

“Sudah ditetapkan, pelaksanaan Pleno di tingkat PKK masing-masing kecamatan secara serentak pada tanggal 18 Februari 2024. Semoga lancar, aman dan jujur,” pungkas Kafrawi melalui telepon genggam. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.