Momentum Peringatan Harkannas Tahun 2022, Ini Harapan Pj Bupati Aceh Jaya

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin S.Sos, M.Si menghadiri rangkai kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor Keuchik Gampong Mukhan, Kecamatan Indra Jaya, Jumat (16/12/2022). ANTARAN / AL-FARABY
Bagikan:

“Untuk mengolah ikan, ibu – ibu di Gampong Mukhan ini telah mempunyai kemampuan yang luar biasa dan rasanya tidak kalah dengan produk sejenis hasil dari industri – industri pengolahan ikan,” tuturnya.

Jurnalis : Al-Faraby

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin S.Sos, M.Si menghadiri rangkai kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor Keuchik Gampong Mukhan, Kecamatan Indra Jaya, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua TP PKK Aceh Jaya, Zuraidiati SE, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Jaya, T Ridwan, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Jaya, Sulaiman, Camat Indra Jaya Ridwan, S.Ag dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin mengatakan selain melakukan rangkaian kegiatan Harkannas Tahun 2022, juga disertai pemberian makanan ikan olahan bagi anak anak Paud dan TK di Gampong Mukhan, Kecamatan Indra Jaya.

Baca Juga:  Bupati Amran Pimpin Apel Perdana ASN Pasca Cuti Bersama Idul Adha 1444 H

“Ikan olahan yang kita berikan hari ini merupakan hasil kreasi yang dibuat sendiri oleh ibu ibu kader PKK Gampong Mukhan, Kecamatan Indra Jaya,” sambungnya.

Lanjutnya, upaya ini diharapkan dapat bermanfaat untuk dua hal, yang pertama dari sisi membiasakan anak anak Aceh Jaya untuk gemar makan ikan agar terpenuhi gizinya.

Dan yang kedua, dengan ada makanan olahan ikan ini bisa menjadi pendapat baru untuk masyarakat terutama ibu ibu PKK di Gampong dengan memanfaatkan hasil perikanan untuk menjadi sebuah produk yang dapat dorong untuk dipasarkan nantinya.

“Kita bisa memanfaatkan hasil olahan ikan ini untuk kegiatan kegiatan Posyandu di Kabupaten Aceh Jaya. Dan tidak tertutup kemungkinan bisa melakukan kerja sama dengan kabupaten kabupaten lain untuk pasarkan produk olahan ikan ini agar bisa digunakan juga pada kegiatan kegiatan Posyandu di kabupaten kabupaten lainnya,” tambahnya.

Baca Juga:  Wamentan RI Kunjungi Kabupaten Aceh Jaya

Disisi lain, lanjutnya, untuk menghasilan produk olahan yang berkualitas tentunya dengan penyediaan bahan baku ikan yang melimpah dan berkualitas. Hal ini, kata Dr Nurdin, upaya dengan memperbaiki sektor perikanan dari hulu ke hilir. Baik terkait tata kelola penangkapan dan peningkatan kemampuan nelayan dalam menangkap ikan maupun penanganan hasil paska tangkap.

“Untuk mengolah ikan ibu ibu di gampong mukhan ini telah mempunyai kemampuan yang luar biasa dan rasanya tidak kalah dengan produk sejenis hasil dari industri industri pengolahan ikan,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dari sisi pengolahan ini perlu di dorong lagi supaya mempunyai kapasitas produksi yang baik, standar kualitas yang bagus serta mempunyai kemasan yang baik dengan memenuhi standar standar yang ditetapkan untuk makanan.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Selatan : Penanganan Musibah Banjir Harus Cepat dan Tangkas

“Dan setelah itu perlu dikoneksi dengan pasar, baik yang ada di Aceh Jaya maupun diluar Aceh Jaya. Berikutnya produk olahan ikan ini bisa dijadikan salah satu unit usaha dari Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bersama tingkat kabupaten yang telah terbentuk. Sehingga ini bisa dikelola dengan skala produksi secara ekonomis maupun manajemen yang profesional,” jelasnya.

Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Jaya berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Aceh Jaya serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan keluarga Berencana Aceh Jaya secara bersama sama bagaimana bertranspormasi usaha usaha rumahan ini menjadi usaha yang dikelola secara bisnis perusahaan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.