Motif Baju Batik Khas Aceh Singkil Jadi Kado Istimewa Saat HUT Ke-24

Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis menandatangi berita acara tentang pengesahan motif baju batik khas daerah, disaksikan Ketua MAA, Ketua MPU, Ketua, Kajari dan Dandim 0109, Kapolres serta pejabat lainnya. ANTARAN/ Dok MAA Aceh Singkil
Bagikan:

“Alhamdulillah, hari ini kita telah melaksanakan penandatanganan bersama pengesahan baju batik motif asli daerah, yang akan menjadi kekayaan dan jati diri daerah kita Kabupaten Aceh Singkil,” ucap Zakirun.

Jurnalis: Arief Helmi

ANTARAN|SINGKIL – Setelah melalui berbagai proses yang cukup panjang, akhirnya desain motif baju batik khas Aceh Singkil telah resmi di sahkan dan dikeluarkan melalui Peraturan Bupati (Perbup).

Penandatanganan berita acara sekaligus Perbup tentang Pengesahan Motif Baju Batik Khas Aceh Singkil itu dilaksanakan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Aceh Singkil yang ke-24, dan menjadi kado istimewa dalam sepanjang sejarah, di usia yang ke-24 kabupaten yang berlambangkan Sekata Sepekat itu.

Regulasi motif kemeja khas Aceh Singkil yang akan dipakai sebagai pengganti baju batik ini, telah diteken oleh Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis ST DEA bersama Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Zakirun Pohan, diikuti sejumlah unsur Forkopimda Aceh Singkil, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Aceh Singkil, Kamis (27/04/2023).

Baca Juga:  Kasi Humas Polres Aceh Selatan Hadiri Pemakaman Ketua Satgas SAR Asel

Ketua MAA Kabupaten Aceh Singkil, Zakirun Pohan, SAg, MM kepada Antaran, Jumat (28/4) kemarin mengatakan, memasuki usia yang ke-24, kini Aceh Singkil telah memiliki baju motif daerah khas Kabupaten Aceh Singkil.

Baju ini harus bisa menjadi kebanggaan kita bersama, dan bisa dipakai setiap hari Kamis serta acara tertentu lainnya, dan sebagai pengganti baju batik oleh para ASN, perangkat desa maupun di sekolah-sekolah mulai tingkat SD sampai SMA.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah melaksanakan penandatanganan bersama pengesahan baju batik motif asli daerah, yang akan menjadi kekayaan dan jati diri daerah kita Kabupaten Aceh Singkil,” ucap Zakirun.

Dijelaskannya, berbagai proses telah dilakukan untuk menggali sumber akar budaya daerah yang akan dijadikan motif baju batik khas Aceh Singkil yang melambangkan daerah.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya Minta 45 PPK dilantik Bekerja Profesional

Disamping itu, penggalian untuk menentukan motif dengan ciri khas daerah itu, juga telah dilaksanakan lomba desain motif baju khas Aceh Singkil serta workshop yang diikuti peserta dari berbagai kalangan.

Dari hasil berbagai tahapan tersebut, maka dirumuskan oleh tim formatur yang terdiri dari MAA Aceh Singkil, sejarawan Singkil pesisir, sejarawan suku Singkil.

Kemudian budayawan Singkil pesisir, budayawan suku Singkil, akademisi dan tokoh masyarakat, hingga akhirnya ditetapkan menjadi sebuah motif baju khas daerah Aceh Singkil, yang telah di sahkan melalui Perbup, terang Zakirun.

Dan MAA Aceh Singkil juga telah mensosialisasikan motif baju khas asli daerah ini kepada masyarakat, termasuk setiap acara di Provinsi Aceh maupun acara di pemerintahan pusat.

Baca Juga:  Ketua DPW PA Nagan Raya: Sigoenyo Tapeubeudoh Abee Lam Ujeun

“Kita harapkan seluruh ASN, pejabat publik, imum mukim dan perangkat desa serta anak sekolah, seluruhnya bisa mencintai motif baju batik asli daerah Aceh Singkil ini, karena sebagai jati diri daerah ini,” harap Zakirun.

PJ Bupati Aceh Singkil, Marthunis mengatakan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Aceh Singkil yang ke-24 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab para undangan saat upacara peringatan HUT, memakai seragam dengan ciri khas adat Aceh Singkil.

Motif baju adat ini adalah budaya yang didapat dari hasil perjalanan Aceh Singkil dari dahulu hingga sekarang. Dan kita ketahui bersama bahwa Aceh Singkil, di masa lalunya memiliki kejayaan dan harus dikembalikan lagi.

“Saya berencana dengan beberapa dinas akan membuat gerakan sosial dan menggunakan pakaian adat ini pada hari Kamis dan dibuat surat edaran,” ucap Marthunis.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.