Muslim Prancis Donasi 30 Ekor Sapi Kurban Untuk 11 Desa di Abdya

Secours Islamique France (SIF) menyumbangkan 30 ekor sapi untuk dipotong dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang berlangsung di Lapangan Desa Pante Geulumpang, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (29/06/2023) pagi kemarin. Foto Ist
Bagikan:

“Total hewan kurban yang disembelih sebanyak 30 ekor sapi yang dagingnya dibagi kepada masyarakat di 11 desa dalam Kabupaten Abdya,” kata Ketua YKMI Aceh, Elfi Hasnita. 

Jurnalis : Rizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Sebuah lembaga muslim dari Negara Prancis, Secours Islamique France (SIF) menyumbangkan 30 ekor sapi untuk dipotong dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang berlangsung di Lapangan Desa Pante Geulumpang, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (29/06/2023) pagi kemarin.

Lembaga muslim yang berdomisili di Prancis tersebut dalam pelaksanaanya bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) untuk mendistribusikan daging kurban bagi 1.500 penerima manfaat di Kabupaten Abdya.

“Total hewan kurban yang disembelih sebanyak 30 ekor sapi yang dagingnya dibagi kepada masyarakat di 11 desa dalam Kabupaten Abdya,” kata Ketua YKMI Aceh, Elfi Hasnita dalam siaran persnya kepada wartawan, Jumat (30/06/2023).

Baca Juga:  Dinas Peternakan Aceh Turunkan Tim Pengawasan Pemotongan Qurban

Sebelas desa yang menjadi sasaran pendistribusian itu bermukim di dua kecamatan yakni Tangan-Tangan dan Manggeng. Dimana, kegiatan kemanusian ini terlaksana dari tanggal 29 hingga 30 Juni 2023.

Untuk Kecamatan Tangan-Tangan, meliputi Desa Mesjid sebanyak 80 penerima, Padang Bak Jeumpa 100 penerima, Suak Nibong 158 penerima, Pante Geulumpang 170 penerima, Gunung Cut 239 penerima, Padang Kawa 50 penerima, Bineh Krueng 91 penerima.

Selanjutnya, Desa Drien Jaloe 126 penerima, Padang Bak Jok 157 penerima, Adan 50 penerima, Blang Padang 30 penerima, Suak Labu 30 penerima, Kuta Bak Drien 30 penerima, Ie Lhop 33 penerima dan Drien Kipah 25 penerima.

Baca Juga:  Protes Pelantikan Sejumlah Pejabat, Wakil Wali Kota Minta Batalkan SK

Selain itu, untuk wilayah Kecamatan Manggeng, ada Desa Lhok Pawoh sebanyak 80 penerima dan Pantee Perak 51 penerima. “Desa-desa ini kita pilih dengan cermat berdasarkan hasil assessment kebutuhan dan demografi masyarakat setempat yang dilakukan oleh Relawan YKMI sebelum pelaksanaan penyembelihan,” ujarnya.

Bahkan Assessment tersebut dilakukan bersama dengan otoritas lokal dan pemimpin masyarakat, hal ini untuk memastikan proses distribusi tepat sasaran, berjalan dengan lancar dan terorganisir.

Teuku Zulkifli selaku coordinator kurban YKMI mengatakan, pendistribusian daging kurban ini memungkinkan para penerima manfaat untuk menikmati berkah Hari Raya Idul Adha dan menyediakan makanan bergizi untuk keluarga mereka. “Ini sebuah keberkahan untuk menikmati kegembiraan dalam momentum Idul Adha,” singkatnya.

Baca Juga:  Geger, Tiba-tiba Kadinkes Aceh Selatan Mundur, Begini Penjelasan Pj Bupati

Sementara itu, salah satu penerima manfaat, Sariyulis, warga Desa Pante Geulumpang, mengaku sangat bersyukur atas daging kurban yang diterimanya.

“Daging ini sangat berarti bagi keluarga kami, hal ini memberikan kami kebahagiaan yang besar dan memastikan bahwa kami dapat menikmati hidangan yang istimewa dalam hari raya bulan haji ini,” pungkasnya.

Selain di Aceh, YKMI melalui dukungan dari berbagai Lembaga donor juga mendistribusikan hewan kurban di berbagai daerah seperti Banten, Jakarta, Jawa Barat dan Lombok.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.