Nasdem Aceh Selatan Incar Posisi Ketua DPRK dan Optimis Raih 7 Kursi

Ketua DPD NasDem Aceh Selatan Muntasir didampingi puluhan kader menyerahkan dokumen daftar nama Balaleg kepada Ketua KIP Aceh Selatan, Saipul Bismi, SE. Foto: ANTARAN/Dokumentasi KIP.
Bagikan:

“Partai Nasdem mengedepankan persahabatan dan gagasan, kami optimis bisa meraih tujuh kursi di enam Dapil yang diperebutkan dan mengincar posisi ketua DPRK Aceh Selatan,” ujar Ketua DPD NasDem Muntasir.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Setelah Dewan Pimpinan Daerah-Partai Nanggroe Aceh (DPW-PNA) Aceh Selatan menyerahkan berkas daftar Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Independen Pemilihan (KIP), mesin politik kembali berderu untuk merapatkan barisan menyerah nama-nama Bacaleg.

Giliran Partai Adil Sejahtera Aceh (PAS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), NasDem dan Partai Bulan Bintang (PBB) mendarat untuk menyerahkan nama-nama Bacaleg ke kantor KIP di jalan T, Ben Mahmud, Lhok Keutapang, Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (13/5/2023).

Informasi dihimpun, DPW PAS mendaftarkan Bacaleg sebanyak 36 orang atau setara 120 persen dari kuota yang ditentukan untuk partai lokal dalam memperebutkan kursi parlemen DPRK Aceh Selatan di enam Daerah Pemilihan (Dapil). DPC PKB daftarkan 30 Bacaleg (100%) di seluruh Dapil.

Baca Juga:  Penggemar Judi Online Ngaku Ketiban Mudharat dan Alami Kerugian

Menyusul DPD PKS juga mendaftarkan nama-nama Bacaleg sebanyak 30 orang (100%) yang menyebar di enam Dapil di Aceh Selatan. Sejurus kemudian, DPD NasDem juga menyerahkan daftar Bacaleg 30 nama (100%) dari kuota yang dibutuhkan pada enam Dapil. Posisi terakhir yang sudah mendaftarkan adalah DPC PBB, dengan komposisi 16 nama Bacaleg (55%) untuk empat Dapil.

Ketua DPD NasDem Aceh Selatan Muntasir saat konferensi Pers menyebutkan, pihaknya terus menggalang kekuatan untuk memperoleh dukungan dan simpatisan konstituen di semua lini. Kader didikan Surya Paloh berjuluk “Bukan Partai Retorika Politik Belaka” itu, meyakini mampu memetik suara tujuh kursi di enam Dapil.

“Partai Nasdem mengedepankan persahabatan dan gagasan, kami optimis bisa meraih tujuh kursi di enam Dapil yang diperebutkan dan mengincar posisi ketua DPRK Aceh Selatan. NasDem sudah menyiapkan kader-kader militan dan andalan yang memiliki pengalaman saat bertarung di khazanah Pemilu tahun 2019,” ujar Muntasir.

Baca Juga:  Pj Gubernur Takziah ke Rumah Mantan Bupati Pidie dan Perempuan Satu Abad

Melihat kesungguhan kader dan elektabilitas Bacaleg pada Pemilu Tahun 2024, kata dia, dua Dapil diklaim mampu menuai harapan dan menjadi lumbung suara, yaitu Dapil Satu (Tapaktuan-Samadua) dan Dapil Tiga (Labuhanhaji Raya). Selebihnya, akan mengunduh satu kursi di masing-masing Dapil.

“Kiat dan geliat yang diperagakan NasDem adalah mengedepankan persahabatan dan gagasan. Mensinergikan para Bacaleg untuk selalu bersama rakyat dalam suka maupun duka. Konsep ini tentunya harus peka terhadap kepentingan dan keluh kesah rakyat,” pungkas Muntasir menjawab pertanyaan antaran.

Sementara itu, Ketua DPC PBB, Muliadi, SE mengakui pihaknya tidak berhasil mengisi komposisi Bacaleg di enam Dapil atau memenuhi kuota 100%. Kami hanya mampu mengisi Dapil II (Sawang-Meukek), Dapil III (Labuhanhaji Raya), Dapil IV (Pasieraja, Kluet Utara dan Kluet Tengah), dan Dapil V (Kluet Selatan dan Kluet Timur).

Baca Juga:  DPD Nasdem Abdya Bantu Korban Musibah Kebakaran Geulumpang Payong

“Jumlah Bacaleg yang DPC PBB daftarkan sebanyak 16 orang atau setara 55 persen, terdiri 11 lelaki dan 5 perempuan. Untuk Dapil I dan VI kosong alias tidak ada Bacaleg. Demikianpun, DPC PBB tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh kursi legislatif pada Pemilu 2024. Setidaknya bisa mengantarkan empat kader ke DPRK,” tutup Muliadi.

Ketua KIP Aceh Selatan, Saipul Bismi, SE yang dikonfirmasi mengaku pihaknya sedang menunggu kehadiran Partai Darul Aceh (PDA) datang mengantar daftar pengajuan Bacaleg sesuai laporan yang diterima dari pengurus DPW PDA Aceh Selatan.

“Besok merupakan hari terakhir mengajuan Bacaleg dari partai-partai peserta Pemilu 2024. Dilhat dari kemajuan hari Jumat dan Sabtu, kami pastikan besok (Minggu (14/5/2024) hingga pukul 24.00 WIB akan banyak partai politik mendatangi KIP untuk menyerahkan Bacaleg,” pungkas Saipul.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.