Nyaris Ludes Terbakar, Ruko Lantai Tiga di Kota Blangpidie Diselamatkan Pemadam

Petugas BPBK Abdya berupaya memadamkan titik api di lantai tiga bangunan ruko yang terbakar di jalan Pendidikan Desa Meudang Ara, Blangpidie, Jumat (15/3/2024). ANTARAN / Agus.
Bagikan:

“Rumah Toko yang nyaris luluh lantak terbakar itu adalah tempat usaha. Bangunan lantai tiga mengalami kerusakan  akibat peristiwa kebakaran pagi menjelang siang tadi,” kata Armayadi ST

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Bangunan ruko (rumah toko) permanen berlantai tiga di jalan Pendidikan Gampong (Desa) Meudang Ara Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (15/3/2024) sekira pukul 10.15 WIB nyaris hangus terbakar kendatipun asap mulai membara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi ST kepada wartawan mengatakan, awalnya posko induk BPBK mendapatkan informasi dari masyarakat tentang musibah kebakaran yang melanda satu unit ruko di kawasan jalan Pendidikan Desa Meudang Ara.

Baca Juga:  Terima Kunjungan Pengurus PWI Aceh, Ini Harapan Pj Gubernur Bustami

Begitu mendapat pemberitahuan dari warga, kami langsung bertindak dan bergerak ke lokasi dengan menerjunkan lima unit armada pemadam kebakaran (Damkar) untuk memadamkan titik api.

Kobaran api terlihat muncul pada bagian atas lantai tiga bangunan ruko dimaksud. Berkat kerjasama yang baik, kobakaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 11.11 WIB hingga bangunan Ruko terselamatkan kecuali terjadi kerusakan pada bagian atas lantai tiga.

Baca Juga:  Berikut Daftar Khatib dan Imam Jum'at se-Aceh Besar, 24 Maret 2023/2 Ramadhan 1444 H

“Personel pemadam juga melakukan upaya pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam atau mengantisipasi munculnya titik api Kembali,” ujar Armayadi.

Menurut Kepala BPBK Abdya, bangunan ruko permanen itu milik Mulizar (50) disewakan kepada Nurhayati (45) sebagai lokasi usaha. Akibat musibah kebakaran tadi, lantai tiga yang digunakan sebagai gudang penyimpanan barang mengalami kerusakan.

“Sejauh ini penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, Begitu juga kerugian yang dialami korban belum diketahui secara persis,” ujarnya.

Baca Juga:  73 Anak Stunting Mendesak di Abdya Dapat Ibu Asuh

Ia menambahkan, kondisi cuaca panas yang melanda wilayah Abdya dan sekitarnya diprediksikan  berpotensi terjadinya musibah kebakaran. Karenanya, pihaknya mengimbau seluruh warga Abdya untuk lebih berhati-hati dan menjaga senantiasa menjadi titik api.

“Mohon waspada bila melakukan pembakaran sampah agar tidak sembarangan, pemeriksaan berkala instalasi listrik, rutin memeriksa kelayakan peralatan kompor gas dan peralatan elektronik serta tidak membakar hutan,” himbau Armayadi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.