Operasi Ketupat 2024, Polri Siagakan 5.784 Pos Pelayanan Bagi Pemudik

Pj Bupati Drs Azmi sebagai Irup, yang diikuti personel Gabungan TNI Polri dan unsur lainnya saat mengikuti, apel gelar pasukan Operasi Ketupat Seulawah 2024, di Halaman Mapolres Aceh Singkil, Rabu (03/04/2025). ANTARAN/Helmi
Bagikan:

“Masyarakat harus lebih berhati-hati dan terus waspada saat melaksanakan mudik lebaran. Apabila kelelahan menyetir, silahkan singgah di Posko Pelayanan Mudik lebaran yang sudah disediakan Polri. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya Lakalantas akibat kelelahan dijalan,” sebut Azmi.

Jurnalis: Helmi

ANTARAN | SINGKIL – Kepolisian Republik Indonesia menyiagakan sebanyak 5.784 pos pelayanan untuk masyarakat, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Drs Azmi MAP saat menyampaikan Amanat Kapolri, dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seulawah 2024, di Halaman Mapolres Aceh Singkil, pada Rabu (03/04/2024).

Apel gelar pasukan diikuti personel gabungan dari TNI-POLRI, Satpol PP, Dinas perhubungan, Dinas kesehatan, BPBD,FKPPI, yang dipimpin Pj Bupati Aceh Singkil selaku Inspektur Apel.

Baca Juga:  Pemain Judol di Aceh Singkil Ditangkap, Pelaku Terancam Cambuk 12 Kali

Saat menyampaikan amanat, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, MSi Pj Bupati Azmi berpesan, kepada seluruh masyarakat Aceh Singkil maupun para wisatawan yang berasal dari dalam maupun luar daerah, dapat beristirahat di Posko Pelayanan Polri yang telah disiagakan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Masyarakat harus lebih berhati-hati dan terus waspada saat melaksanakan mudik lebaran. Apabila kelelahan menyetir, silahkan singgah di Posko Pelayanan Mudik lebaran yang sudah disediakan Polri. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya Lakalantas akibat kelelahan dijalan,” sebut Azmi.

Lanjut Azmi, dalam amanatnya Kapolri menyampaikan, Apel Operasi Ketupat 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, melaksanakan rangkaian operasi selama 13 hari. Yakni, dimulai 4 hingga 16 April 2024, dengan melibatkan sebanyak 155.165 personel gabungan di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Jamaah Muslim di Abdya Rayakan Idul Fitri, Sebagian Masih Puasa

“Seluruh personel harus mempersiapkan semua hal yang di butuhkan untuk operasi Ketupat 2024. Sehingga dengan pelaksanaan Operasi Ketupat ini, rangkaian pengamanan libur dan arus mudik lebaran bisa lancar dan aman,” ujar Azmi.

Dikatakan, target sasaran operasi ketupat 2024 ini diantaranya, pengawasan ketersedian bahan makanan pokok. Kemudian pelarangan penggunaan petasan dan pantauan arus mudik dengan cara mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. serta melakukan patroli, razia, dan penegakkan hukum.

Selanjutnya, kegiatan utama lainnya melakukan rekayasa Lalulintas guna untuk menghindari kemacetan. Dan Patroli sebagai penegakan hukum terhadap potensi kriminalitas dengan bersinergi terhadap stekholder terkait.

Baca Juga:  Polres Aceh Singkil Kawal Pawai Takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah

Lebih lanjut, kata Azmi, untuk pelayanan mudik lebaran ini, Polri juga telah mendirikan sebanyak 5.784 Pos yang tersebar di seluruh indonesia. Yang terdiri dari 3.772 Posko Pengamanan, 1.532 Posko Pelayanan dan 480 Posko Terpadu.

Sementara itu, sebanyak 3.772 pos pengamanan difokuskan untuk pengamanan titik-titik yang menjadi kegiatan masyarakat mulai dari pusat pembelanjaan dan wisata di seluruh indonesia. Kemudian, 1.532 posko pelayanan yang disiapkan pada jalur mudik dan jalur arus balik.

“Serta 480 posko terpadu bertujuan untuk melaksakanan secara terpadu mulai dari lokasi pelabuhan, terminal, jalan tol, Bandara dan tempat-tempat yang dianggap diperlukan penanganan bersama di seluruh Indonesia,” demikian pungkas Azmi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.