Optimalkan Harkamtibmas, Polres Abdya Bentuk Polisi RW

POLISI RW : Polres Abdya membentuk Polisi RW/Dusun yang merupakan upaya terbaru dalam meningkatkan, menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di tingkat lingkungan wilayah hukum Polres setempat, Kamis (12/10/2023). ANTARAN / Agus
Bagikan:

“Dalam bekerja Polisi RW atau Polisi Dusun ini bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat. Polisi RW ini juga dibentuk untuk mendeteksi dini gangguan keamanan hingga masalah sosial lainnya di lingkungan RW/Dusun,” terangnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Polres Aceh Barat Daya (Abdya) membentuk Polisi Rukun Warga (RW) yang merupakan upaya terbaru dalam meningkatkan, menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di tingkat lingkungan wilayah hukum Polres setempat.

Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH, Kamis (12/10/2023) usai apel pembentukan Polisi RW di halaman Mapolres setempat mengatakan, Polisi RW dibentuk dengan tujuan melakukan penyelesaian permasalahan (Problem Solving) dengan cepat serta dapat mencegah terbentuknya potensi gangguan Kamtibmas.

Baca Juga:  DPW PAN Aceh Lakukan Reshuffle, Irfannusir Jabat Sekretaris Gantikan T Hasballah

Program ini menghadirkan Polisi di tengah masyarakat untuk membangun interaksi antara Polisi dan masyarakat dan siap mendengarkan keluh kesah serta mencarikan solusi terbaik. Polisi RW ini nantinya bisa jadi sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Dalam program ini, semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina Kamtibmas di tingkat RW. Salah satu tugasnya yakni menampung keluhan warga dan melakukan problem solving.

Baca Juga:  Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tanami Pisang di Badan Jalan

“Dalam bekerja Polisi RW atau Polisi Dusun ini bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat. Polisi RW ini juga dibentuk untuk mendeteksi dini gangguan keamanan hingga masalah sosial lainnya di lingkungan RW/Dusun,” terangnya.

Ditambahkan, Polisi RW bertugas melayani aduan masyarakat di tingkat dusun. Jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait gangguan keamanan termasuk kriminalitas dapat langsung melapor kepada Polisi RW yang ada di lingkungannya.

Disinilah pentingnya sinergitas antara Polisi RW dan masyarakat dalam menciptakan situasi Harkamtibmas yang kondusif. Dia menegaskan bahwa tugas Polisi RW adalah menjaga, memelihara keamanan lingkungan dan mengajak semua pihak untuk bekerja sama demi mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga:  PJ Bupati Aceh Jaya Kunker Ke Sentral Utama Ekonomi Perikanan Teunom

“Ada 20 personel Polisi RW yang disebar ke lingkungan masyarakat, diutamakan kawasan perkotaan yang tingkat gangguan Kamtibmasnya lebih tinggi dari kawasan lain seperti di Kecamatan Blangpidie dan Susoh. Polisi RW ini nantinya dalam menjalan tugas juga akan berkoordinasi dengan Babhikamtibmas dan Babhinsa.

Dengan sinergi yang kuat antara Polisi RW dan masyarakat, dipastikan dapat menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan damai,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.