Optimalkan Layanan, KUA Susoh Hadirkan Pojok Laktasi

KUA Susoh, Abdya menghadirkan layanan baru bagi masyarakat berupa Pojok Laktasi atau pojok menyusui sebagai bentuk layanan KUA ramah ibu dan anak, Rabu (10/1/2024). ANTARAN / Agus
Bagikan:

“Kami mengapresiasi layanan publik yang telah disiapkan oleh KUA Susoh sebagai bentuk layanan KUA ramah Ibu dan anak yakni pojok menyusui atau Pojok Laktasi, layanan yang khusus disiapkan bagi para ibu-ibu yang menyusui,” ujarnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menghadirkan layanan baru bagi masyarakat berupa Pojok Laktasi atau pojok menyusui sebagai bentuk layanan KUA ramah ibu dan anak.

Kepala Kantor Kementerian Agama Abdya, Dr Salman Al Farisi, SAg MAg Rabu (10/1/2024) menyambut baik dan mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kepala KUA Susoh beserta jajarannya.

Baca Juga:  Pemkab Abdya Uji Coba Penggunaan Aplikasi SINAR

Menurutnya, Pojok Laktasi ini merupakan wujud kepedulian Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat khususnya bagi ibu-ibu yang menyusui.

“Kami mengapresiasi layanan publik yang telah disiapkan oleh KUA Susoh sebagai bentuk layanan KUA ramah Ibu dan anak yakni pojok menyusui atau Pojok Laktasi, layanan yang khusus disiapkan bagi para ibu-ibu yang menyusui.

KUA Susoh telah melakukan sebuah terobosan bermanfaat untuk ibu dan anak menyusui. Sehingga KUA menjadi kantor ramah ibu dan anak serta tentunya bisa menjadi contoh bagi KUA yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KUA Susoh H Roni Haldi, Lc mengatakan Pojok Laktasi adalah ruangan yang dapat digunakan oleh setiap ibu-ibu yang berkunjung ke KUA Susoh untuk menyusui bayinya.

Baca Juga:  Kunker di Aceh Selatan, Pj Gubernur Aceh Serah Bantuan Pakan dan Obat-obatan Untuk Peternak Ayam

Tujuan disediakannya Pojok Laktasi adalah untuk memberikan perlindungan kepada ibu dalam memberikan ASI eksklusif dan memenuhi hak anak untuk mendapatkan ASI eksklusif.

Diterangkan, berdasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dimana disebutkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib memberikan layanan yang berkualitas bagi setiap pengguna layanan dan Permenkes 15/2013 tentang tata cara penyediaan fasilitas khusus menyusui dan/atau memerah air susu ibu.

Oleh karena itu, sebagai komitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna layanan, KUA Susoh telah menyiapkan fasilitas Pojok Laktasi di kantor tersebut bagi masyarakat umum yang ingin menggunakannya.

Baca Juga:  Bersama Kadisdikbud Aceh Selatan, 60 Kepala SMP Kunjungi Sekolah Terpencil

Pojok Laktasi pada KUA Susoh memang masih memiliki banyak keterbatasan dari segi sarana. Baik dari ketersediaan ruangan khusus, kulkas penyimpanan ASI, serta peralatan kebutuhan ibu dan bayi menyusui.

Meski demikian, penyediaan Pojok Laktasi ini harapnya dapat menambah kenyamanan masyarakat khususnya ibu dan bayi menyusui saat mendapatkan layanan di KUA Susoh.

“Mudah-mudahan semua kekurangan sarana prasarana dapat diperbaiki di masa mendatang. Terpenting saat ini masyarakat dapat merasa lebih nyaman dengan hadirnya Pojok Laktasi ini,” harapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.