Ormas Himpak Semarakkan Rombongan Pelawat Pesta Khitan Putra Bintang

Rombongan Kecamatan Penanggalan dan Ormas Himpak (kanan) diterima Wali Kota, Affan Bintang dan keluarga besar pada momen melawat, Rabu (31/5/2023). Antaran/Istimewa.
Bagikan:

Bintang sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang disebut cukup berperan aktif mendukung suksesnya gelaran acara pesta tersebut.

Jurnalis : Khairul

ANTARAN|SUBULUSSALAM – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak) Subulussalam, Aceh yang tergabung dalam rombongan pelawat pesta khitan putra bungsu Wali Kota Subulussalam semarakkan pawai, Rabu (31/05/2023).

Lebih dulu pawai bersama rombongan Kecamatan Penanggalan di jalan utama kecamatan itu untuk bergabung bersama rombongan pawai empat kecamatan lain di titik kumpul Lapangan Sada Kata.

Iringan sejumlah kendaraan dengan berbagai hiasan dan bawaan/oleh-oleh, rombongan bergerak menuju Pendopo Wali Kota, lokasi digelar pesta khitan Ade Wawa Rahmat Saktian Bintang, putra bungsu Wali Kota, H Affan Alfian Bintang SE.

Apresiasi sejumlah pihak kepada Kapolsek Penanggalan, Iptu Evizar Rianto SAB yang tergabung dengan rombongan Kecamatan Penanggalan yang dinilai membuat situasi dan suasana pawai yang damai, aman dan terkendali.

Baca Juga:  Bolos Hari Pertama Kerja, ASN Diberi Sanksi Pemotongan TPP

Iringan musik, gendang dan nyanyian etnis Pakpak yang menggema membuat rute sepanjang pawai hingga rombongan masuk ke area pendopo dan diterima Wali Kota, Affan Bintang didampingi istri, Hj Mariani Harahap bersama keluarga besar dan sang putra yang akan dikhitan, Ade Wawa, membuat suasana cukup semarak dan khidmat.

Lain lagi saat sambutan khusus di lokasi yang diiringi hera-hera (tarian khas Pakpak saat menerima tamu) dirangkai prakata rombongan, dipimpin Haris Muda Bancin, Kepala Mukim Penanggalan didampingi Ketua DPD dan DPW Himpak, Sahidin Berampu, SH dan Rajiun Berutu serta sambutan ahli hajat diiringi musik etnis Pakpak tampak suasana makin khidmat.

Penyambutan khusus ‘Tari Hera-hera’ rombongan Kecamatan Penanggalan yang masyarakatnya mayoritas etnis Pakpak dan Ormas Himpak, gabungan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Subulussalam dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aceh di sana merupakan penutup rombongan lawat setelah empat kecamatan, yakni Simpang Kiri, Rundeng, Sultan Daulat dan Longkib dengan ciri khas masing-masing menyerahkan buah tangan kepada Affan Bintang dan keluarga besar.

Baca Juga:  Manajemen BPKS dan Direksi PT PEMA Dilantik, Ini Kata Pj Gubernur Bustami Hamzah
Rumah Adat Pakpak ikut menghiasi pawai ‘melawat’, rangkaian lima hari pesta khitan putra bungsu Wali Kota Subulussalam, Rabu (31/5/2023). Antaran/Istimewa.

Diketahui, lima hari rangkaian pesta khitan ala pesta rakyat menampilkan budaya lokal Kota Subulussalam di sana dimulai, Selasa (30/5/2023) pagi acara menampang (menggantung tabir dan langit-langit) lalu malamnya mehenei I dalael khairat dan ceramah Agama.

Rabu (31/5/2023) pagi mandi pucuk (tepung tawar) dirangkai khatam alquran dan doa. Sementara, Rabu siang menerima pelawat serta disusul malam, mehine II dan kesenian adat Singkil.

Baca Juga:  Perdana, Komoditi Pertanian Dari Bener Meriah Diangkut Menggunakan Pesawat Kargo

Kamis (1/6/2023) sehari penuh acara resepsi dilanjutkan malam rafai geleng sama halnya dengan, Jumat (2/6/2023), lalu, Jumat malam kesenian kuda lumping serta, Sabtu (3/6/2023) pagi mangan atau makan sukut.

Pantauan, lima hari ‘ala pesta rakyat’ di sana mendapat apresiasi ribuan warga setempat, tamu maupun undangan dari berbagai daerah Provinsi Sumut – Aceh, sebagaimana disampaikan H Affan Alfian Bintang SE dalam sambutannya, Kamis (1/6/2023).

Bintang sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang disebut cukup berperan aktif mendukung suksesnya gelaran acara pesta tersebut.

Papan bunga tersebar di sejumlah titik jalan Teuku Umar hingga sepanjang jalan dan area Pendopo Wali Kota Subulussalam menggambarkan ada pesta rakyat, seiring dengan tampilan sejumlah tarian, budaya etnis yang ada di Bumi Sada Kata Kota Subulussalam.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.