Pantai Nancala,Wisata Surfing Terbaik di Aceh

Penampakan Pantai Nancala, Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue provinsi Aceh. Foto Sumber : Wisataaceh.id
Bagikan:

Untuk menikmati pesona Pantai Nancala, Anda harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer dari Kota Sinabang. Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti becak motor, atau juga menyewa mobil untuk menuju ke pantai ini. 

Jurnalis : Ardiansyah 

ANTARAN|SIMEULUE – Serunya berselancar di hamparan air laut diselingi gemuruh ombak, menjadi sensasi yang disuguhkan Pantai Nancala. Pantai Nancala merupakan pantai di Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Pantai menawan ini menawarkan spot surfing yang paling diburu oleh para peselancar dunia.

Layaknya pantai-pantai di Kepulauan Simeulue lainnya, Pantai Nancala menawarkan keindahan pantai lengkap dengan pasir putih dan hamparan karang hitam. Bebatuan karang ini dulunya merupakan terumbu karang didasar laut, yang mengering sehingga nampak berwarna hitam. Pepohonan hijau, seperti pohon kelapa serta pepohonan khas daerah bisa ditemukan di pantai ini.

Baca Juga:  Harga Cabai Rawit di Bener Meriah Kembali Naik, Ini Harganya Hari Ini

Tak hanya itu, gulungan ombak menantang juga menjadi daya tarik bagi para peselancar dunia. Bahkan pantai ini sempat diadakan kejuaraan surfing tingkat internasional yang diikuti oleh peserta dari berbagai belahan dunia.

Pada tahun 2015 lalu, Pantai Nancala menggelar event perlombaan selancar internasional bertajuk Aceh Internasional Surfing Championship. Perlombaan ini diikuti oleh puluhan peselancar dunia dari dalam dan luar negeri.

Setelah diadakannya event bertaraf internasional ini, perlahan tapi pasti wisatawan dari berbagai belahan dunia terus berdatangan untuk menjajal ganasnya ombak di Pantai Nancala. Anda bisa menikmati panorama lautan luas yang membiru terkena pancara sinar matahari.

Baca Juga:  Diduga Disambar Petir, 6 Ekor Kerbau Mati Misterius di Aceh Selatan  

Gradasi warna yang ditimbulkan pun begitu cantik dan menawan. Fasilitas yang ada di Pantai Nancala ini tergolong cukup lengkap dan memadai. Disekitar pantai ini, telah terdapat beberapa penginapan dan resort yang bisa digunakan wisatawan untuk menginap.

Penginapan dan resort ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, tempat parkir, makanan dan juga alat-alat perlengkapan untuk berselancar. Selain itu, disekitar pantai juga terdapat masjid dan mushola yang bisa digunakan beribadah bagi umat muslim.Anda juga bisa memanjakan lidah dengan mencoba berbagai kuliner seafood yang ditawarkan warung serta rumah makan di sekitar pantai.

Baca Juga:  Miris, Warga Kampung Jawa Ini Hidup Tanpa Listrik dan Air Bersih 

Untuk menikmati pesona Pantai Nancala, Anda harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer dari Kota Sinabang. Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti becak motor, atau juga menyewa mobil untuk menuju ke pantai ini.

Untuk mengunjungi Pulau Simeulue memang hanya bisa menggunakan jalur laut atau udara. Jika Anda memilih untuk menyebrangi lautan, maka bisa melalui Pelabuhan Labuhan Haji yang berada di Aceh Selatan. Atau menggunakan jalur udara lalu mendarat di Bandara Lasikin.(*)

Sumber : Wisataaceh.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.