Panwaslih Aceh Selatan Gandeng Wartawan Hindar Berita Hoax

Dua dari kanan, Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi didampingi komisioner, Basar Mulyadi dan Masrafit (ujung kiri) serta Sekretaris. ANTARAN / Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Kami mengajak kawan-kawan media menghindari informasi hoak untuk menciptakan Pemilu damai, jujur dan demokratis. Utamakan pemberitaan berimbang agar tidak merugikan pihak tertentu,” kata Ketua Panwaslih, Deri Friadi.¬†

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Hari pertama bertugas, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan periode 2023-2028, menggandeng awak media untuk menangkal berita palsu (hoax) dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024 di kabupaten tersebut.

Ajakan dan himbauan tersebut disampaikan Ketua Panwaslih Aceh Selatan yang juga koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Deri Friadi kepada jurnalis di Gedung Sekretariatan Lhok Bengkuang, Tapaktuan, Selasa (22/8/2023) sore.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Selatan¬† Bentuk Posko Pemantauan Tanpa Desk Pemilu 2024

“Mengawali tugas, kami mengajak kawan-kawan media menghindari informasi hoax untuk menciptakan Pemilu damai, jujur dan demokratis. Utamakan pemberitaan berimbang agar tidak merugikan pihak tertentu dan tercipta suasana aman ditengah-tengah masyarakat,” kata Deri Friadi.

Lanjut Deri, pihaknya sangat menyadari, pemberitaan yang dipublikasi media secara objektif, profesional dan berimbang bisa mendidik masyarakat ke arah yang baik dan benar serta dapat memahami regulasi Pemilu.

“Mari sama-sama menghindari isu-isu hoax yang dapat memicu provokatif. Tanpa kerjasama kawan-kawan media, tentunya Panwaslih tidak ada apa-apanya. Kami mempublikasi informasi melalui satu pintu,” papar Deri Friadi.

Baca Juga:  AMPU Aceh Barat Salurkan Bantuan Kebakaran Ponpes Darul Hikmah

Disampingi Koordinator Djvisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H), Basar Mulyadi dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), Masrafit, ketua Panwaslih menyebutkan, sebagai lembaga pengawasan dan penyelenggara Pemilu, Panwaslih dan KIP harus saling bersinergi, berkolaborasi dan berkoordinasi melaksanakan tugas-tugas sebagaimana diamanahkan Undang-undang.

Sejurus, Koordinator Divisi P3S, Masrafit menuturkan, pihaknya akan meningkatkan penyelesaian pusaran kerawanan dan sengketa Pemilu. Panwaslih periode ini bekerja keras mengatasi dan mengantisipasi sekecil apapun kerawanan yang bakal terjadi.

Baca Juga:  15 Personel Paskibra Penanggalan 2023 Dikukuhkan

“Amanah Bawaslu Pusat, kami diminta menekan kerawanan dan sengketa Pemilu. Jikapun terjadi, Panwaslih Aceh Selatan harus mampu menyelesaikan dengan baik, atif dan bijaksana untuk menghindari problema,” tandas Masrafit.

Sementara itu, Koordinator divisi HP2H, Basar Mulyadi mengatakan, pihaknya lebih konsentrasi menciptakan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

“Persentasi partisipasi pemilih Aceh Selatan harus lebih maksimal. Setidaknya mencapai 90 persen ke atas,” pungkas Basar Mulyadi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.