Panwaslih Aceh Selatan Kawal Pendistribusian Surat Suara Pemilu 2024 dari Belawan ke Tapaktuan

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi (tengah), diapit personel kepolisian saat mengawasi/mengawal pendistribusian surat suara menuju Tapaktuan. Minggu (31/12/2023). ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Surat suara Pemilu 2024 dikirim pihak percetakan melalui kapal laut yang kemas dalam container didaratkan di Pelabuhan belawan Medan untuk dibawa ke Aceh Selatan via transportasi darat. Kami bersama petugas keamanan ikut mengawal langsung,” kata Deri Friadi.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Selatan melakukan pengawasan langsung alur pendistribusian logistik Pemilu tahun 2024 berupa surat suara setiba di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, sejak Sabtu (30/12/2023)kemarin.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi mengatakan, surat surat suara Pemilu tahun 2024 untuk Aceh Selatan dikirim Perusahaan percetakan PT Gramedia, Cikarang, Jawa Barat melalui transportasi laut. Kemarin, didaratkan di Pelabuhan Belawan.

Baca Juga:  Personel Polres Abdya Kawal Jalannya Barsela Cup lll di Persada

“Surat suara Pemilu 2024 dikirim pihak percetakan melalui kapal laut yang kemas dalam container didaratkan di Pelabuhan belawan Medan untuk dibawa ke Aceh Selatan via transportasi darat. Kami bersama petugas keamanan ikut mengawal langsung,” kata Deri Friadi kepada antaran melalui siaran pers, Minggu (31/12/2023).

Kata dia, pengawasan dan pengawalan melibatkan pihak kepolisian bersenjata lengkap. Saat ini rombongan bersama tiga armada pengangkutan sudah tiba di kawasan Sidikalang. Laju kendaraan harus ditempuh dengan gerak lamban karena arus lalu lintas sangat padat di suasana menyambut tahun baru.

Menurut Deri Friadi, pengawasan yang dilaksanakan Panwaslih bertujuan memastikan surat suara Pemilu 2024 untuk Kabupaten Aceh Selatan dalam keadaan baik dan aman. Selain itu, juga memastikan kesesuaian prosedur selama proses bongkar muat oleh ekspedisi pengiriman serta pemilahan surat suara untuk masing-masing kabupaten/kota.

Baca Juga:  Kasus WNA Aniaya Warga Simeulue Berakhir Damai Lewat Restorative Justice

“Kita memastikan jumlah dan jenis surat suara yang akan diterima KIP Aceh Selatan tetap utuh, tidak rusak dan tidak tertukar untuk menghindari kemungkinan tidak baik. Untuk diketahui, di dalam container sebagian surat suara bercampur dengan kabupaten/kota lain. Makanya harus diawasi mulai dari pelabuhan hingga sampai di gudang logistik Aceh Selatan,” jelas Ketua Panwaslih Aceh Selatan.

Disampaikan Deri Friadi, surat suara untuk Aceh Selatan tercatat sebanyak 1.493 dus, terdiri surat suara pemilihan Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi Aceh dan DPR Kabupaten/kota.

Baca Juga:  Karena Hanya Dilaksanakan di Tiga Lokasi, Operasi Pasar Gas 3 Kg Dinilai Kurang Efektif

“Surat suara yang diangkut menggunakan satu unit armada colt diesel dan dua unit fuso tersebut diperkirakan memiliki beban berat lebih kurang 27 ton. Iya, alur pendistribusiannya harus dipastikan tidak ditemui kendala apapun di dalam perjalanan,” imbuh Deri Friadi.

Masih keterangan Ketua Panwaslih Aceh Selatan, pagi tadi pihaknya bersama rombongan sudah meninggalkan areal Pelabuhan Belawan menuju Tapaktuan dengan pengawalan tiga personel kepolisian.

“Ini merupakan tanggungjawab dan tugas Panwaslih untuk kelancaran dan kesuksesan Pemilu di Aceh Selatan. Mohon doa dan dukungan dari semua lapisan masyarakat,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.