Panwaslih Aceh Selatan Tertibkan Puluhan APK di Kawasan Umum

Didampingi Komisioner Panwaslih Aceh Selatan, petugas satpol PP dan Kepolisian membongkar APK yang dipasang di lokasi umum. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Banyak APK yang dipasang dan bertebaran di lokasi-lokasi umum, kami bersama personel Satpol PP dan pihak Kepolisian melakukan penertiban di seputaran Samadua dan Tapaktuan. Puluhan APK diturunkan,” kata Deri Friadi.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN | TAPAKTUAN – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan aksi penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang dan bertebaran di lokasi-lokasi umum di wilayah Kecamatan Samadua dan Tapaktuan, Kamis (18/1/2024).

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi menyebutkan, berdasarkan hasil pengawasan dan laporan masyarakat, banyak APK yang dipasang melanggar ketentuan karena bukan pada tempatnya, terutama di tempat dan lokasi umum atau Kawasan berdekatan dengan fasilitas pemerintahan.

Baca Juga:  Pj Bupati Agara Didampingi Sekda Meninjau Penilai Calon P3K Formasi Tenaga Guru

“Banyak APK yang dipasang dan bertebaran di lokasi-lokasi umum, kami bersama personel Satpol PP dan pihak Kepolisian melakukan penertiban di seputaran Samadua dan Tapaktuan. Puluhan APK diturunkan untuk diamankan petugas,” kata Deri Friadi.

Didampingi Komisioner Panwaslih Aceh Selatan, petugas satpol PP dan Kepolisian membongkar APK yang dipasang di lokasi umum. ANTARAN/Istimewa

Disampaikan, dalam aksi penertiban APK, pihaknya membongkar dan menurunkan puluhan baliho serta spanduk sejumlah Calon legislatif. Aksi penertiban ini melibatkan personel Satpol PP dan Kepolisian Resort Aceh Selatan.

Baca Juga:  Jumat Curhat, Polres Abdya Serap Saran dan Masukan Masyarakat

“Perkiraan kami, sebanyak lebih kurang 40 APK dibongkar petugas. Penertiban APK dimaksud sesuai aturan dan Perundang-undangan yang diamanahkan PKPU dan Bawaslu serta merujuk Pj Sekda Aceh Selatan tentang penertiban APK di lokasi rapat umum,” paparnya.

Payung hukum lain, sambung Deri Friadi, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Peraturan Bawaslu RI nomor 5 Tahun 2022 tentang Pengawasan Pemilu. Kemudian, PKPK Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Jo PKPU nomor 20 Tahun 2023 tentang Perubahan PKPU nomor 15/2023 tentang Kampanye Pemilu.

Baca Juga:  Bersama Forkopimda Tinjau Kebakaran, Ini Kata Pj Bupati Simeulue

Dasar itu, Panwaslih Aceh Selatan menyurati Lembaga Satpol PP dan Kepolisian melalui surat Nomor: 002/PP.00.02/K.AC-05/01/2024, tertanggal 17 Januari 2024, perihal permintaan personel untuk penertiban APK. Langkah awal dilaksanakan di wilayah kecamatan Samadua dan Tapaktuan.

Pantauan antaran, selain Ketua Panwaslih, personel Satpol PP dan Kepolisian, penertiban APK juga melibatkan komisioner Panwas Koordinator Devisi hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H), Basar Mulyadi dan Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), Masrafit serta jajaran sekretariatan Pawaslih. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.