Panwaslih : Kasus Perusak APK Ditindaklanjuti Serius, Jika Ada Bukti Autentik Diseret ke Ranah Hukum

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi. ANTARAN / Istimewa.
Bagikan:

“Kendatipun belum menerima laporan khusus tentang perusakan APK Prabowo-Gibran di Aceh Selatan, kami bersama Gakkumdu dan Panwascam akan mempelajari serius keakuratannya untuk mengungkap peristiwa itu,” kata Deri Friadi.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Mendapat informasi tentang perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan menanggapi serius dan berupaya menelusuri secara akurat.

Tanggapan tersebut disampaikan Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi saat dikonfirmasi antaran melalui percakapan telepon seluler, Kamis (18/1/2024), sehubungan statemen Pandawa 5, selaku Relawan pemenangan Prabowo-Gibran, terkait perusakan sejumlah APK pasangan nomor urut 2.

“Kendatipun belum menerima laporan khusus tentang perusakan APK Prabowo-Gibran di Aceh Selatan, kami bersama Gakkumdu dan Panwascam akan mempelajari serius keakuratannya untuk mengungkap peristiwa itu,” kata Deri Friadi.

Baca Juga:  Pj Bupati Sampaikan Lima Raqan Kepada DPRK Nagan Raya

Disisi lain, papar Deri Friadi, Panwaslih dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) belum mengetahui siapa pelaku sesungguhnya dan titik kejadian perkara. Apakah pelakunya tim sukses yang berseberangan atau Orang Tidak Dikenal (OTK) yang iseng.

“Berita tentang perusakan APK itu akan kami tindaklanjuti serius. Jika memiliki bukti-bukti autentik dari Relawan Pandawa 5, maka Panwaslih bersama Gakkumdu akan menindak tegas dan penyeret pelaku ke ranah hukum. Kasus seperti ini tidak boleh main-main, kriminalitas Pemilu harus diberangus di bumi Aceh Selatan,” ungkap Deri Friadi tegas.

Baca Juga:  Warga Tripe Jaya Temukan Mayat Bayi Hanyut di Sungai
Terlihat, kondisi APK Capres-Cawapres Nomor urut 2 (Prabowo-Gibran) yang dirusak di wilayah Aceh Selatan. ANTARAN/Dokumentasi Pandawa

Menciptakan Pemilu damai, berkualitas dan berintegritas, Panwaslih Aceh Selatan sangat sependapat dan sepaham dengan argumentasi yang disampaikan Pandawa 5, demi kesuksesan Pemilu damai dan tegaknya kejujuran.

“Khusus kasus perusakan APK, kami mempelajari dulu secara matang untuk mengindentifikasi dugaan pelaku, sehingga tidak menimbulkan guratan fitnahan di tengah-tengah masyarakat,” urainya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ketua Relawan pemenangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran Pandawa 5, Hanzirwansyah, ST melalui siaran persnya meminta Panwaslih mengusut tuntas aksi perusakan sejumlah APK di beberapa titik di wilayah Aceh Selatan.

Katanya, perbuatan perusakan APK Prabowo-Gibran salah satu tindakan kriminal Pemilu yang tidak bisa ditolerir. Selain itu, aksi tersebut juga menimbulkan kerugian terhadap pasangan Prabowo-Gibran, baik material maupun immaterial.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya Pulang Kampung, Santuni 209 Anak Yatim

“Hasil pantauan dan pengawasan kami di lapangan, sejumlah APK Calon Presiden-Wakil Presiden Nomor urut 2 (Prabowo-Gibran) dirusak OTK dengan cara dirobek. Perbuatan Ini sebagai bentuk penzaliman dan menderai proses demokrasi damai di Aceh Selatan,” kata Hanzirwansyah, ST.

Tegas disampaikan, kasus ini akan dilaporkan ke penegak hukum, Kepolisian dan Panwaslih Aceh Selatan untuk dilakukan penyelidikan dalam mengungkap pelaku perusakan.

“Ini adalah kejahatan atau kriminalitas Pemilu di Aceh Selatan, pihak berkompeten harus mengungkap serius,” ujar Hanzirwansyah yang kental disapa bang Iwan tanpa menyebutkan lokasi-lokasi kejadian perkara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.