Pasar Centong Membara, Belasan Ruko Hangus Terbakar

Belasan rumah di Pasar Centong, Kota Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues hangus di lalap- sejago merah, Sabtu (27/01/2024) dini hari. ANTARAN / Bayu Y
Bagikan:

“Dari Dinas sosial juga sudah menyiapkan dapur umum. Persiapan masa panik akan di lakukan selama satu minggu ke depan,” kata Suhaidi.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Sekitar belasan rumah di Pasar Centong, Kota Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues hangus di lalap- sejago merah, Sabtu (27/01/2024) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun para korban mengalami kerugian yang cukup besar.

Informasi yang diterima antaran, api diduga berasal  dari hubungan arus pendek listrik pada salah satu rumah. Kapolsek Kota Blangkejeren, Iptu Irwansyah menyebutkan peristiwa terjadi sekira pukul 04.30 WIB.

Baca Juga:  Pesan Azzam Awenk Saat Tutup Turnamen Sepak Bola Usia Dini Piala DPRK Abdya

“Sumber api diduga dari hubungan arus pendek listrik dari salah satu ruko. Api baru dapat di padamkan sekira pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB, pemadam kebakaran masih berusaha mendinginkan api,” ungkapnya.

Dari data sementara diketahui korban kebakaran berjumlah 18 KK, sementara kerugian harta benda masih dalam perhitungan. Radiasin alias Acim salah satu korban kebakaran Pasar Centong mengatakan usai sholat shubuh dirinya mendengar ada suara gemuruh diatas loteng rumahnya.

Baca Juga:  Meriahkan HUT ke 78 RI, Desa Sambay Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan

saat dicek api sudah memakan sebagaian atap rumahnya, dengan spontan dirinya langsung turun kebawah untuk membangunkan anak dan istrinya lalu membawanya ke luar rumah.

Dalam peristiwa itu Acim menyebutkan tidak sempat membawa harta benda, yang diselamatkan hanya pakaian ganti anaknya. Sementara barang seperti surat-surat berharga tidak sempat diselamatkannya.

Semua harta benda dan barang dagangan pakaian jadi ikut hangus terbakar semuanya. Apalagi rumahnya masih berkonstruksi papan pinus yang muda terbakar.

Kepala BPBD Gayo Lues, Suhaidi menyebutkan, pihaknya sudah melakukan persiapan masa panik dengan menampung sementara korban kebakaran di Gedung Pertemuan Bale Musara.

Baca Juga:  Terkait Pilkades Tingkem, Ini Pesan Kapolres Gayo Lues 

“Dari Dinas sosial juga sudah menyiapkan dapur umum. Persiapan masa panik akan di lakukan selama satu minggu ke depan,” kata Suhaidi.

Kapolres Gayo Lues, AKBP Styawan Eko Prastiyo menghimbau masyarakat agar waspada terhadap kebakaran terutama berkaitan dengan arus listrik yang dapat memicu kebakaran.

Masyarakat diminta agar mengecek kembali sambungan dan instalasi listrik di rumah masing-masing. Terkhusus bagi rumah yang berstruktur papan agar lebih waspada.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.