Pasca Banjir Bandang, Disdukcapil Aceh Selatan Buka Layanan Administrasi Kependudukan di Ladang Rimba

Jajaran Disdukcapil Aceh Selatan menyerahkan dokumen kependudukan kepada warga terdampak banjir bandang di Ladang Rimba. ANTARAN / Istimewa.
Bagikan:

“Dalam aksi jemput bola dan berkontribusi layanan administrasi kependudukan di Ladang Rimba, kami serahkan 210 KK dan 113 Akta Kelahiran kepada perangkat untuk didistribusikan kepada warga,” ujar Masriadi, S. STP, M.Si. 

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Selatan buka layanan administrasi kependudukan warga terdampak banjir bandang di Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kamis (30/11/2023).

Kepala Disdukcapil Aceh Selatan, Masriadi, S. STP, M. Si melalui pesan WhassApp (WA) yang dikirim ke Redaksi antaran menyebutkan, sesuai tupoksi, paska banjir bandang pihaknya mengirimkan tim ke lokasi untuk mendata administrasi kependudukan, berupa Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Baca Juga:  Kakanwil Kemenkumham Sidak Rutan Kelas IIB Tapaktuan

“Dalam aksi jemput bola dan berkontribusi layanan administrasi kependudukan di Ladang Rimba, kami serahkan 210 KK dan 113 Akta Kelahiran kepada perangkat untuk didistribusikan kepada warga,” ujar Masriadi, Minggu (3/12/2023).

Selain berkontribusi untuk proses administrasi kependudukan, jajaran Disdukcapil juga berpartisipasi untuk meringankan beban dan kebutuhan warga terdampak. Pihaknya terjun melaksanakan pembersihan rumah penduduk yang tertimbun lumpur dan limbah.

Seiring itu, tutur Masriadi, kami turut menyalurkan bantuan logistik untuk kebutuhan sehari-hari dan pakaian layak pakai. Semua ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian dalam rangka percepatan pemulihan dimasa tanggap darurat.

Baca Juga:  Akibat Angin Kencang, Pohon Tumbang di Gampong Rot Tengoh

Pihaknya juga berpesan kepada perangkat gampong Ladang Rimba agar memberitahu kepada masyarakat, apa bila ada warga yang kehilangan atau rusak dokumen kependudukan akibat banjir bandang sesegera mungkin disampaikan ke Disdukcapil.

“Pemerintah daerah melalui Disdukcapil selalu membuka ruang dan siap membantu masyarakat untuk pemenuhan keperluan dokumen administrasi kependudukan seperti KTP, KK, akte kelahiran, kartu Identitas anak (KIA) serta akte kematian,” ucapnya dalam narasi rilis.

Baca Juga:  Jumat Malam, Anjungan PKA Abdya Terpopuler

Turut disampaikan, seluruh jajaran SKPK di Aceh Selatan dihimbau bapak Pj Bupati, Cut Syazalisma, S. STP untuk berkontribusi aktif, fokus dan nyata kepada masyarakat terdampak banjir bandang. Penegasan tersebut disampaikan ketika rapat evaluasi Penanganan Banjir Ladang Rimba pada, Rabu, 29 November 2023.

“Kami menilai bapak Pj Bupati benar-benar empati dan peduli terhadap peristiwa banjir bandang. Dan tidak menyia-nyiakan waktu untuk berkiprah dalam situasi penanggulangan bencana alam banjir bandang,” tutup Masriadi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.