PDAM Diapresiasi, Janji Pj Wali Kota Bayar Gaji 13, Beasiswa dan Honor Ditagih

Kepala Dinas PMK Subulussalam, Irwan Faisal. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Dana APBN sudah, honor 2024 Triwulan I mulai diproses dan sisa kurang bayar 2023 sudah semua selesai”

Jurnalis : Khairul

ANTARAN|SUBULUSSALAM – Dalam dua pekan terakhir, operasional PDAM Kota Subulussalam semakin baik, membuat warga sedikit lega. Namun persoalan gaji 13, beasiswa dan sejumlah bentuk honor yang dijanjikan segera dibayarkan masih sebatas janji yang ditagih warga.

Pasalnya, setelah Pj Wali Kota Subulussalam, Azhari turun langsung dan memantau ke lokasi serta kondisi PDAM di Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, dua pekan lalu, pasokan air ke rumah konsumen dikabarkan semakin baik.

Apresiasi pun muncul dari warga, khususnya yang menggantungkan sumber air dari PDAM selama ini. Masalahnya, pra Pj Wali Kota turun acapkali pasokan air macet dan memaksa warga memanfaatkan tadah hujan atau sungai.

Baca Juga:  H Bambang Hermanto Bantu Ratusan Rumah Tangga di Indramayu

Namun di sisi lain warga berharap, baiknya operasi PDAM ini tak hanya sesaat, tetapi harus permanen. Pasalnya, tersendat pasokan air jangan menyusahkan warga, terlebih jika bersamaan dengan musim kemarau.

Miris, lancarnya operasi PDAM berbanding berbalik dengan gaji ke-13 ASN, beasiswa dan berbagai bentuk honor yang dijanjikan segera dibayarkan.

“Kita mengapresiasi kebijakan Pemko Subulussalam soal PDAM ini, tetapi hendaknya tak hanya sesaat,” pesan sumber kepada Antarannews, Selasa (09/07/2024).

Sementara terkait gaji ke-13 ASN, beasiswa dan sejumlah honor yang disebutkan Pj Wali Kota menjadi bagian proritas dibayar, masih sebatas janji.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Subulussalam Diminta Serius Mengurus PDAM

Beasiswa Pemko Subulussalam yang ditangani MPD dari janji semula akan dibayar tuntas akhir Desember 2023, faktanya hari ini tak terealisasi, kecuali satu kategori, miskin.

Padahal pentahapan beasiswa, mulai sosialisasi, seleksi berkas, visitasi lokal dan kampus hingga proses penandatanganan berita acara dan simbolis penyaluran dilaksanakan langsung oleh wali kota, November 2023 sudah rampung dilakukan MPD. Soal anggaran sendiri, ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam.

Soal beasiswa, di sejumlah media diberitakan jika Pj Wali Kota telah melakukan penyempurnaan Perwal No. 11 Tahun 2024 pada 11 Juni 2024 tentang Perubahan Kedua Penjabaran APBK Subulussalam 2024.

“Kita sangat berharap realisasi pembayaran beasiswa meskipun nilainya tak seberapa, bukan hanya janji,” pinta sumber.

Baca Juga:  Komitmen Pemko Membayar Belanja Beasiswa 2023 Prioritas

Soal honor aparatur kampong, sumber seorang kepala kampong, enggan disebut namanya mengaku jika hingga hari ini honor tahun 2024 belum terealisasi.

“Usulan penarikan tahap I sudah disampaikan, tetapi realisasinya entah kapan,” pesimis sumber.

Kepala Dinas Pemberdayaan Mayarakat dan Kampong (DPMK), Irwan Faisal dikonfirmasi beberapa hari lalu menyebutkan jika hingga saat ini pencairan yang sudah diterima kampong dari dana APBN. Sementara untuk honorarium Tahap I masih dalam proses.

“Dana APBN sudah, honor 2024 Triwulan I mulai diproses dan sisa kurang bayar 2023 sudah semua selesai,” pesan Faisal. Diketahui, aparatur kampong di sana menerima sisa honor 2023, Mei lalu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.