Pedagang UMKM Aceh Singkil Diserbu Pembeli Selama Pelaksanaan Muzakarah

Pedagang UMKM yang membuka lapak jualan di lokasi Bazar Muzakarah, di halaman Kantor Bupati Singkil, terlihat diserbu pembeli sejak 2 hari ini. Foto: ANTARAN/HELMI.
Bagikan:

“Dengan banyaknya tamu yang hadir mengunjungi Aceh Singkil, dari laporan yang kami terima sampai sore kemarin mencapai 8 ribu jamaah. Bisa jadi hari ini mencapai 10 ribu,” ucap Faisal.

Jurnalis : Helmi

ANTARAN|SINGKIL – Pelaksanaan Muzakarah Ulama Tauhid Shufi ke-VII yang dipusatkan di Kabupaten Aceh Singkil, mulai 10-12 Oktober 2023, mendatangkan rezeki bagi pelaku UMKM di Bumi Sekata Sepekat ini. Ekonomi masyarakat kini kembali bergairah, sejak awal persiapan pelaksanaan Muzakarah, Senin (09/10/2023) kemarin.

Pedagang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Aceh Singkil telah ramai membuka lapak jualannya, dengan memasang tenda-tenda diatas trotoar halaman Halaman Kantor Bupati dan Lapangan Alun-Alun.

Baca Juga:  Safari Ramadhan di Pulau Terluar Aceh Singkil, Masyarakat PBB Keluhkan Ancaman Buaya

Meski belum dibuka secara resmi kegiatan muzakarah, pada Selasa (10/10/2023) malam, namun jajanan pedagang yang dipajang dilapak masing-masing terlihat diserbu pembeli, baik lokal serta pengunjung yang datang dari pelosok negeri.

Mulai dari pedagang kue, roti, jagung bakar, mainan, minuman, buah-buahan terlihat telah memadati trotoar di kawasan tertib lalulintas (KTL) itu.

Termasuk lapak pedagang kopi dengan 3 unit mobil, yang sengaja datang dari Kota Dingin Takengon, untuk meramaikan kegiatan keagamaan Muzakarah tersebut.

Pedagang UMKM yang membuka lapak jualan di lokasi Bazar Muzakarah, di halaman Kantor Bupati Singkil, terlihat diserbu pembeli sejak 2 hari ini. Foto: ANTARAN / Helmi

Masyarakat berharap agar Pemkab Aceh Singkil dapat terus mengagendakan kegiatan yang sama, setidaknya 3 kali dalam setahun, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di Bumi Sekata Sepekat itu.

Baca Juga:  Selama Juli 2023, Sat Resnarkoba Nagan Raya Tangkap 8 Pelaku Tindak Pidana Narkotika

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Faisal SPd yang dikonfirmasi Antaran.com, Rabu (11/10/2023) mengatakan, ekonomi masyarakat mulai kembali bergairah selama pelaksanaan muzakarah ke-VII ini.

“Dengan banyaknya tamu yang hadir mengunjungi Aceh Singkil, dari laporan yang kami terima sampai sore kemarin mencapai 8 ribu jamaah. Bisa jadi hari ini mencapai 10 ribu,” ucap Faisal.

Diterangkannya, terkonfirmasi tamu dari Negara Malaysia telah hadir kemarin siang berjumlah 5 orang. Kemudian dari Provinsi Maluku, Yogyakarta, Padang Sumbar. Termasuk dari wilayah Pantai Barat selatan Aceh paling ramai jamaah.

Faisal menyebutkan, Muzakarah ke-VII telah dibuka secara resmi oleh Karo Keistimewaan dan Kesejahteraan Setda Aceh, Dr Drs Yusrizal, MSi mewakili Gubernur Aceh Ahmad Marzuki.

Baca Juga:  Siap Menjadi Smart Logistics Company, Pos Indonesia Terapkan Berbagai Transformasi Digital

Alhamdulillah dalam tahun ini, Aceh Singkil telah melaksanakan 3 even yang melibatkan pedagang UMKM di Aceh Singkil.

Sebelumnya kegiatan peringatan Bhayangkara Polres Aceh Singkil dan 17 Agustus 2023, yang turut dibuka bazar, untuk seluruh pedagang UMKM di Aceh Singkil, yang diberikan kesempatan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah menghadapi ancaman inflasi.

“Alhamdulillah saya lihat pedagang yang buka lapak, seluruhnya dagangannya ramai sejak Senin sore. Saya lihat semua masyarakat gembira selama muzakarah ini, karena masing-masing mendapat porsi rezekinya,” ungkapnya.

“Termasuk pedagang kopi rumah makan, maupun warung-warung sarapan di sekitaran Ibukota Kabupaten terus dipadati pengunjung,” pungkas Faisal.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.