Pemilihan dan Penobatan Agam – Inong Duta Wisata Aceh Selatan 2022, Ini Harapan Bupati dan Kadis Pariwisata Aceh Selatan 

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Muchsin ST berfoto bersama Bambang Lesmana dan Salsabila yang berhasil terpilih sebagai Agam-Inong Duta wisata Aceh Selatan Tahun 2022 dengan menyisihkan beberapa finalis lain pada malam penobatan duta wisata Aceh Selatan yang berlangsung di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (24/05/2022) malam.
Bagikan:

ANTARANNEWS.COMM, TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Pariwisata menggelar Pemilihan dan Malam Penobatan Agam-Inong Duta Wisata tahun 2022. Kegiatan pemilihan dan penobatan di pusatkan di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Jalan T Ben Mahmud Tapaktuan, Selasa (24/05/2022) malam.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Agam-Inong Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan, Hj Julidarsiah SE mengatakan, proses pendaftaran Pemilihan Duta Wisata di ikuti 23 peserta di mulai sejak tanggal 13 – 7 Mei 2022 dan proses seleksi administrasi, ujian tulis, psikotes dan wawancara psikologi dilaksanakan oleh panitia tanggal 12 Mei 2022 menghasilkan 10 finalis untuk diseleksi kembali oleh tim juri pada tanggal 23 Mei 2022 yang lalu.

Adapun rangkaian acara yang telah dilaksanakan selama 40 hari dimulai dengan pendaftaran peserta, pembukaan acara seleksi, ujian tulis dan wawancara serta penjurian. Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2022, yang telah dibuka oleh Plt Kadis Pariwisata, Muchsin ST pada tanggal 12 Mei 2022. Pembekalan oleh Organisasi Ikatan Duta Wisata Agam – Inong Aceh Selatan.

Acara Pemilihan dan Penobatan Agam-Inong Duta Wisata Aceh Selatan berlangsung dengan sangat meriah yang dihadiri oleh para pendukung dan fans finalis. Pada malam penobatan ini Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Erwiandi S.Sos, M.Si membacakan arahan dan bimbingan Bupati Aceh Selatan sekaligus melakukan penobatan Agam – Inong Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan 2022.

Baca Juga:  Pj Bupati Lantik Assisten I dan Kepala BPKD Gayo Lues

Bupati Aceh Selatan dalam arahannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan mengharapakan kepada Duta Wisata yang terpilih agar dapat membawa nama Aceh Selatan di tingkat Propinsi serta dapat mengukir prestasi yang terbaik pada Ajang Pemilihan Agam Inong Duta Wisata Aceh pada Tahun ini.

Bupati juga mengajak kepada seluruh Alumni Agam Inong Duta Wisata Aceh Selatan yang ada dari berbagai kecamatan di Aceh Selatan untuk dapat piawai dalam mempromosikan wisata daerah. Terutama potensi destinasi wisata produk pariwisata dan program kepariwisataan daerah, sehingga industri pariwisata Aceh Selatan semakin berkembang.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, Pemerintah Aceh Selatan sangat mendukung pelaksanaan pemilihan Agam Inong Duta Wisata sebagai salah satu bentuk Pemasaran Pariwisata (Marketing Tourism) di Kabupaten Aceh Selatan. Hal ini mengingat upaya untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan, diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, sehingga dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan yang mampu bersaing dan bersanding dengan destinasi wisata lain di Indonesia.

Baca Juga:  Pangdam IM dan Pengurus PWI Aceh Tinjau Pameran Alutsista Milik TNI

Plt Kadis Pariwisata Aceh Selatan, Muchsin ST dalam sambutannya mengatakan, acara pemilihan Agam Inong Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan tahun 2022 dilaksanakan dengan melibatkan para Alumni Ikatan Duta Wisata Aceh Selatan sebagai panitia pelaksana. Sehingga kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Ikatan Alumni Duta Wisata ini akan menghasilkan perwakilan Agam Inong Duta Wisata Aceh Selatan 2022, yang terbaik dengan sistem seleksi yang berjenjang dari segala aspek wawasan dan ilmu pengetahuan.

“Baik dari wawasan ilmu Keagamaan, kebudayaan, kepariwisataan, Penguasaan Bahasa Asing dan Psikologi, secara kompetitif, objektif. Kami juga mengucapkan trimakasih kepada pihak pihak yang telah menyukseskan acara ini yang sudah berlangsung lebih dari 1 bulan, baik kepada semua sponsorsip yang telah ikut membantu suksesnya acara ini, kepada panitia yang bekerja secara maksimal tanpa lelah dan juga kepada semua kawan kawan media yang terus ikut meliput mengabarkan proses seleksi Agam Inong Aceh Selatan secara terbuka sampai pada malam penobatan ini,” paparnya.

Baca Juga:  Jembatan Kilangan Jadi Icon Wisata Ramadhan, Singkil-Bakongan Hanya 1,5 Jam

Lebih lanjut, Muchsin mengatakan, 10 Finalis Pemilihan dan Penobatan Agam-Inong Duta Wisata Aceh Selatan 2022 malam ini, terpilih Agam Bambang Lesmana Dwi.P dan Inong Salsabila menjadi Duta Wisata Aceh Selatan 2022, setelah berhasil menyisihkan 9 finalis lainnya pada malam Grand Final pemilihan Agam-Inong Duta Wisata 2022, yang mengangkat tema “Agam-Inong Pionir Wisata Berkelanjutan”.

“Dengan demikian berakhir sudah seleksi pemilihan Agam Inong Duta Wisata Aceh Selatan Tahun 2022 ini. Kita juga berharap, 10 finalis ini nantinya akan menjadi Ambasador pariwisata Aceh Selatan sebagai pionir dalam promosi dan pengembangan wisata Aceh Selatan,” harapnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Muchsin, pihaknya juga akan mengajak para Alumni Duta Wisata Aceh Selatan untuk menyukseskan Dua Destinasi Wisata Aceh Selatan yang masuk Nominasi 10 Besar di ajang Pesona Wisata Indonesia (API AWARD 2022) yaitu Situs Sejarah Benteng Trumon dan Destinasi Kreatif Pulau Dua. “Harapan kita semoga saja perkembangan dunia kepariwisataan di Aceh Selatan semakin maju dan berkembang,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.