Pemkab Abdya Gelar Pemilihan 20 Imuem Mukim

Suasana pemilihan Imuem Mukim di Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (27/12/2022). ANTARAN / RIZAL
Bagikan:

“Alhamdulillah pelaksanaan pemilihan Imuem Mukim ini berjalan dengan lancar dan sukses. Selamat bertugas kepada pemenang di kemukiman nya masing-masing,” ungkap Cut Amri.

Jurnalis : Rizal

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE –
Sebanyak 20 Kemukiman yang ada di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar pemilihan Imuem Mukim untuk masa bakti tahun 2023-2027.

Teuku Cut Amri, salah satu Ketua Pelaksana Kegiatan Pemilihan Imuem Mukim di Kecamatan Tangan-Tangan, Selasa (27/12/2022) mengatakan, bahwa pelaksanaan pemilihan Imuem Mukim ini serentak di seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

Baca Juga:  KoBar-GB Minta Pj Gubernur Aceh Fokus Perhatikan Pendidikan

Masing-masing gampong mengirimkan delapan peserta pemilih yang terdiri dari unsur lembaga adat gampong, tokoh Agama, tokoh perempuan, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dikatakannya, tugas mukim ini, mengacu pada Qanun Aceh nomor 4 tahun 2003 dan Qanun Abdya nomor 10 tahun 2012 tentang pemerintahan mukim.

Tugasnya membawahi beberapa Gampong di bawah Camat. Kemudian mukim juga merupakan sebagai lembaga adat ditingkat kemukiman.

Selanjutnya, Mukim juga mengkoordinir kegiatan pemerintahan dan adat di wilayah kerjanya masing-masing. Selain itu, Mukim juga berkoordinasi dengan Majelis Adat Aceh (MAA) kabupaten.

Baca Juga:  Khataman 63 Alumni Ponpes Terpadu RJ Angkatan XII Sukses

“Alhamdulillah pelaksanaan pemilihan Imuem Mukim ini berjalan dengan lancar dan sukses. Selamat bertugas kepada pemenang di kemukiman nya masing-masing,” ungkap Cut Amri.

Nantinya, para Mukim akan dilantik secara langsung oleh pimpinan daerah untuk masa bakti lima tahun mendatang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.