Pemkab Abdya Lelang 2 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Kepala BKPSDM Abdya Drs Yusan Sulaidi. ANTARAN / Foto Istimewa
Bagikan:

“Seleksi administrasi berlaku sistem gugur,” sebut Yusan.

Jurnalis : Alfiyah Zamzam

ANTARAN|BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), membuka lelang 2 Jabatan Tinggi Pratama (JTP), dalam lingkungan Pemkab setempat, yang saat ini dibiarkan lowong sejak beberapa bulan terakhir.

Dua jabatan Eselon II yang kosong saat ini masing-masing, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Perisdustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag).

Distanpan dibiarkan paska drh Nasruddin digeser ke jabatan baru sebagai Kepala Dinas Sosial Abdya. Sementara, Diskop UKM Perindag, dibiarkan kosong paska ditinggal Amri AR ST, yang digeser sebagai Staf Ahli di Setdakab Abdya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya Drs Yusan Sulaidi Senin (08/07/2024) mengatakan, pembukaan lelang 2 jabatan tinggi tersebut sesuai pengumuman yang dikeluarkan nomor : 001/PANSEL-JPTP-ABDYA/2024, tentang seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Pemkab Abdya tahun 2024, yang ditanda tangani Sekda Abdya Salman Alfarisi ST, selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka.

Yusan menyebutkan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020.

Baca Juga:  Keuchik Paya Dapur : TMMD Pendorong Peningkatan Taraf Ekonomi Masyarakat

“Dan memperhatikan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019, tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif, di Lingkungan Instansi Pemerintah,” terangnya.

Juga merujuk pada Surat Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1518/JP.00.00/04/2024 tanggal 30 April 2024 ,hal Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, dan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.2.6/4553/OTDA tanggal 19 Juni 2024, hal Persetujuan Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Abdya.

Atas dasar itu kata Yusan, Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Abdya mengundang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan, untuk mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Abdya Tahun 2024, sesuai ketentuan.

Diantaranya, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sanggup menjalankan Syariat Islam bagi yang beragama Islam, Memiliki wawasan kebangsaan, Memahami Keistimewaan Aceh, Memiliki rekam jejak, integritas, dan moralitas yang baik, Memiliki kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural dan kompetensi teknis, sesuai kompetensi jabatan yang dipilih.

Baca Juga:  Buat Laporan Palsu ke Polisi, Sales Asal Medan Habiskan Uang Untuk Judi Online “Meringkuk”

Selanjutnya, berstatus Pegawai Negeri Sipil aktif, Sedang atau pernah menduduki jabatan administrator, atau jabatan fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun, Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang dilamar secara kumulatif paling kurang 5 (lima) tahun.

Memiliki pangkat/golongan ruang minimal Pembina / IV/a, Berusia Maksimal 56 (lima puluh enam) pada Tanggal 1 Oktober 2024, Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Diploma IV/S.1, Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan, untuk mengikuti rangkaian seleksi bagi pelamar dari luar Instansi Pemkab Abdya, Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang dan/atau tingkat berat.

Kemudian, Tidak sedang dalam proses pemeriksaan karena dugaan pelanggaran pidana/disiplin berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, Sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah (Khusus Bebas Narkoba dilampirkan hasil Uji Laboratorium).

Baca Juga:  Kontingen POPDA Aceh XVII Di Idi Keluhkan Kekurangan Persediaan Air Bersih

Telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bagi pelamar yang diwajibkan mengisi LHKPN, serta telah menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahun 2023.

Penilaian Prestasi Kerja Pegawai sekurang-kurangnya bernilai baik untuk setiap unsur yang dinilai dalam 2 (dua) tahun terakhir (tahun 2022 dan 2023), serta mengajukan Lamaran tertulis kepada Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Yusan juga mengatakan, Seleksi terdiri dari dua tahap, yaitu Seleksi administrasi dan Seleksi Kompetensi (Assesment Center, Penulisan Makalah, Presentasi, Wawancara, dan Rekam Jejak). “Seleksi administrasi berlaku sistem gugur,” sebut Yusan.

Pendaftaran dilakukan secara luring (off-line), dimulai sejak tanggal 1 Juli hingga 15 Juli 2024, dari pukul 09.00 hingga pukul 16.45 WIB pada hari kerja dan pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WIB pada hari libur, di Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama kantor BKPSDM Abdya, Jl. Bukit Hijau Komplek Perkantoran Abdya, Kecamatan Blangpidie.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.