Pemkab Abdya Susun RKPD 2024, Ini Kata Pj Bupati Darmansah  

RKPD : Pj Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM saat membuka kegiatan forum penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 di aula Bappeda setempat, Selasa (31/01/2023). ANTARANNEWS.COM / AGUS
Bagikan:

“Saya berharap kepada Tim Penyusunan RKPD Abdya dalam penyusunan dokumen ini agar juga menjaga keterpaduan antara prioritas pembangunan Abdya dengan prioritas pembangunan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat tahun 2024,” pesan Pj Bupati Abdya.

Jurnalis : Agus 

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya), Selasa (31/1/2023) mulai melakukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024. Kegiatan berlangsung di Aula Bappeda segempat ini turut dihadiri unsur Forkompimkab, Sekda Salman Alfarisi, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPK hingga unsur terkait lainnya.

Penjabat (Pj) Bupati Abdya, H Darmansah SPd MM saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, agenda dimaksud bertujuan untuk mendapatkan masukan dari semua pemangku kepentingan sebagai bahan penyempurnaan dari tahap rancangan awal RKPD Abdya tahun 2024 hingga menjadi RKPD Abdya 2024.

“Penyusunan RKPD tahun 2024 merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mencapai visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2005-2025 yaitu Abdya yang maju, makmur dan mandiri serta bertaqwa kepada Allah SWT dalam sistem pemerintahan daerah yang bersih, jujur dan berkeadilan,” ujarnya.

Baca Juga:  Pj Bupati Sebut Safaruddin Sudah Bisikkan Soal Barsela Cup lV di Abdya

Arah kebijakan RKPD 2024 merujuk pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026 yang difokuskan pada pemantapan struktur perekonomian yang berlandaskan keunggulan lokal yang didukung SDM yang berkualitas.

Oleh sebab itu, lanjutnya, substansi dari RKPD tahun 2024 merupakan kerberlanjutan dan pembelajaran dari RKPD tahun sebelumnya baik untuk meningkatkan keberhasilan pembangunan maupun menjadi sarana menjawab berbagai kendala pembangunan yang belum dapat dituntaskan pada periode sebelumnya.

Akan hal itu, kata Pj Bupati, penyusunan RKPD tahun 2024 harus mampu menghasilkan perencanaan yang implementatif melalui beberapa pendekatan seperti pendekatan top down, bottom up, partisipatif, politik dan teknokratik. Dengan demikian diharapkan tujuan pembangunan tahun 2024 dapat tercapai.

“Pada tahun 2024 terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan fokus daerah. Pelaksanaan Pemilu Presiden, legislatif dan pemilihan kepala daerah akan berjalan sepanjang tahun,” ungkap H Darmansah.

Baca Juga:  UTU dan Mahkamah Konstitusi Tandatangani Kerjasama

Hal ini, tambahnya, disebabkan amanat Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Presiden, Wakil Presiden, Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota.

Ditambahkan, mengingat peran penting dari RKPD maka penyusunan evaluasi pembangunan yang digunakan dalam penyusunan RKPD 2024 harus dilakukan secara cermat, terukur dan menyeluruh. Ditegaskan agar dalam penyusunan RKPD Abdya tahun 2024 harus menerapkan pola-pola keterpaduan dalam pembangunan di Abdya.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan penyusunan dokumen perencanaan yang baik yang ditandai dengan alur proses perencanaan yang linier antara dokumen daerah dengan dokumen pada tingkat SKPK, sehingga penilaian terhadap Sistem Akuntabilitasi Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Abdya dapat lebih baik pada tahun-tahun berikutnya.

“Saya berharap kepada Tim Penyusunan RKPD Abdya dalam penyusunan dokumen ini agar juga menjaga keterpaduan antara prioritas pembangunan Abdya dengan prioritas pembangunan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat tahun 2024.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya : Penyalahgunaan Narkoba Mengkhawatirkan

Sehingga apa yang dicita-citakan dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Abdya dapat tercapai dan terlaksana sebagaimana mestinya,” harapnya.

Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah ST menyebutkan, ada tujuh program prioritas pembangunan Abdya tahun 2024 diantaranya, peningkatan kualitas SDM, penguatan kehidupan demokrasi dan tata kelola pemerintah yang baik, penguatan peran UMKM dalam pengembangan produk strategis daerah dan peningkatan daya saing sektor unggulan daerah.

Selanjutnya, penanganan kasus gizi buruk dan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi, penyediaan dan penataan infrastruktur dasar pada daerah prioritas pembangunan.

“Tujuan penting dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan dokumen rancangan awal RKPD Abdya tahun 2024. Sehingga apa yang menjadi program prioritas dapat terealisasi hendaknya,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.