Pemkab Abdya Uji Coba Penggunaan Aplikasi SINAR

Pemerintah Kabupaten Abdya uji coba penggunaan aplikasi Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR) di seputaran kompleks perkantoran Pemkab setempat, Jumat (13/10/2023). ANTARAN/foto Agus.
Bagikan:

“Beranjak dari semangat dan harapan tingginya capaian pendataan nama Rupabumi, nantinya Kabupaten Abdya bisa masuk dalam nominasi Bhumandala Award sebagai kategori kabupaten terbaik,” papar Delvhan Arianto. 

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE-Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melakukan uji coba penggunaan aplikasi Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR), Jumat (13/10/2023).

Kabag Pemerintahan Setdakab Abdya, Delvhan Arianto, SIP mengatakan, pasca dilakukan launching aplikasi SINAR, pihaknya langsung melakukan uji coba penggunaannya di seputaran kompleks Perkantoran Pemkab Abdya melibatkan 49 surveyor dari dua kecamatan yakni Kecamatan Blangpidie dan Kecamatan Susoh.

Baca Juga:  Mantan Keuchik di Abdya Hilang Saat Memancing di Laut

Disebutkan, penggunaan aplikasi SINAR ini baru pertama dilakukan dalam wilayah Provinsi Aceh, dimulai installer melalui android lalu pengavalidan data melalu webgis dengan didampingi oleh tim BIG (Badan informasi geospasial) Pusat (Jakarta).

Dia berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan oleh seluruh desa di Sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya, sehingga pendataan Rupabumi baik unsur alami dan buatan terdata pada aplikasi SINAR. Dengan tingginya capaian pendapatan nama Rupabumi mudah-mudahan Abdya masuk dalam kategori nominasi Bhumandala Award tingkat nasional.

Baca Juga:  PLN Simeulue Siap Menyukseskan MTQ Provinsi Aceh ke 36

“Beranjak dari semangat tersebut dan dengan harapan tingginya capaian pendataan nama Rupabumi nantinya Kabupaten Abdya bisa masuk dalam nominasi Bhumandala Award sebagai kategori kabupaten terbaik,” papar Delvhan Arianto.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Abdya pada Kamis (12/10/2023) melaunching aplikasi SINAR. Penerapan aplikasi itu dimulai dengan pembekalan Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang berlangsung di aula Bappeda kabupaten setempat.

Kegiatan pembekalan yang dikemas dalam rapat koordinasi itu guna mewujudkan tujuan Pembakuan Nama Rupabumi yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Edi Darmawan mewakili Pj Bupati Abdya.

Baca Juga:  HUT ke-77 Bhayangkara, Polsek Penanggalan Gelar Baksos dan Bansos

Rapat koordinasi penyelenggaraan nama Rupabumi dan launching penggunaan aplikasi SINAR ini diikuti oleh dua kecamatan yakni Kecamatan Susoh yang mencakup 29 desa dan Kecamatan Blangpidie sebanyak 20 desa.

Tahapan yang sudah dilakukan yakni membentuk SK surveyor (pengguna) pada perwakilan desa.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.