Pemkab Aceh Selatan Kembali Salurkan Beasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu

Program beasiswa Aceh Selatan cerdas untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, bersumber dari dana APBK tahun anggaran 2023. Foto Diskominsa Asel
Bagikan:

“Lakukan verifikasi dan validasi terhadap penerima bantuan dengan sebenar-benarnya, sehingga bantuan yang disalurkan tepat dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, adil dan patut disalurkan,” pesan Sekda Aceh Selatan.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan kembali membuka program beasiswa Aceh Selatan cerdas untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, bersumber dari dana APBK tahun anggaran 2023.

Program ini rutin direalisasikan setiap tahunnya secara berturut-turut dengan menyalurkan anggaran Miliaran rupiah. Tahun ini, Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,5 Miliar pada APBK 2023.

Beasiswa ini khusus diperuntukan bagi mahasiswa/mahasiswi asal Kabupaten Aceh Selatan yang berstatus kurang mampu dan sedang menyusun tugas akhir/skripsi/thesis (D3, D4, S1 dan S2) dan mahasiswa/i asal Kabupaten Aceh Selatan yang berprestasi (D3, D4, S1 dan S2).

“Penyaluran bantuan beasiswa ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah, sesuai visi misi pemerintahan Aceh Selatan dibawah kepemimpinan Alm. H. Azwir S.Sos – Tgk. Amran (AZAM),” kata Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran melalui Kepala BKPSDM, Ilham Saputra S.STP, M.Si di Tapaktuan, Kamis (27/07/2023).

Baca Juga:  30 Pelaku UKM Ikuti Bimtek Perbengkelan di Banda Aceh

Visi misi AZAM tersebut, lanjutnya, yakni meningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing sehingga dapat di andalkan untuk memajukan pembangunan daerah ke depannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP juga mengamanahkan kepada Tim Evaluasi dan Monitoring yang telah dibentuk dengan SK Bupati Aceh Selatan untuk dapat menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Serta melakukan verifikasi dan validasi terhadap penerima bantuan dengan sebenar-benarnya, sehingga bantuan yang disalurkan tepat dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, adil dan patut disalurkan,” pesan Sekda Aceh Selatan.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Ilham Saputra S.STP, M.Si, mengatakan bahwa bantuan beasiswa ini difokuskan kepada mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam dan luar daerah berstatus kurang mampu yang sedang menyusun TA/skripsi/thesis.

“Kemudian juga difokuskan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik,” ucap Ilham Sahputra.

Baca Juga:  80 Peserta Dari Dayah Se Aceh Selatan Mendaftar di Perhelatan MQK-III 2023

Lanjutnya, penerima bantuan beasiswa ini harus benar-benar tepat sasaran, makanya Pemkab mempersilahkan kepada mahasiswa untuk mengajukan permohonan dengan syarat harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan.

“Nantinya seluruh permohonan yang masuk akan dilakukan proses seleksi ketat oleh tim panitia yang telah dibentuk oleh Bupati Aceh Selatan,” ujarnya.

Bantuan beasiswa ini disalurkan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat, kemudian akan ditransfer langsung ke rekening bank masing-masing calon penerima. Langkah ini dilakukan untuk mencegah dan menghindari terjadinya Pungli (pemotongan) dan manipulasi data penerima sehingga seluruh prosesnya dapat dilalui secara transparan dan akuntabel.

*Selain itu, sesuai amanah Pimpinan agar penyalurannya benar-benar tepat sasaran. Bupati menginginkan melalui program beasiswa Aceh Selatan cerdas ini, setiap prestasi yang diraih oleh mahasiswa/i mendapat penghargaan yang pantas,” jelasnya.

Walau nilainya tidak terlalu besar, lanjut Ilham, tapi setidaknya dapat memotivasi semangat belajar adik-adik mahasiswa yang khususnya mereka sedang menimba ilmu di perantauan.

Baca Juga:  Polisi dan BPOM Sidak Apotik di Aceh Selatan, Ini Kata Kabid Pelayanan Kesehatan

Setiap penerima beasiswa wajib memenuhi persyaratan umum antara lain, mahasiswa/mahasiswi aktif dari kabupaten Aceh Selatan yang sedang mengikuti Pendidikan di dalam maupun di luar Kabupaten Aceh Selatan, termasuk keluarga kurang mampu yang sedang menyelesaikan tugas Akhir/Skripsi/Thesis.

“Tidak termasuk ASN yang berstatus tugas belajar meninggalkan jabatan/Tidak meninggalkan jabatan,” ungkap Kaban.

Ilham juga menjelaskan, program ini tidak berlaku bagi mahasiswa/i yang telah sidang akhir tugas akhir/skripsi/thesis sebelum tanggal 1 agustus 2023, dan juga tidak termasuk anak PNS/PPPK/TNI/Polri yang masih bertugas. “Dan diperuntukan bagi mahasiswa/i tidak pernah menerima bantuan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sebelumnya,” jelasnya.

Bagi mahasiswa/i yang memenuhi syarat, dipersilahkan mengirimkan permohonan kepada sekretariat panitia di Kantor BKPSDM Aceh Selatan Jln. Cut Nyak Dien No. 16 Gampong Pasar, Tapaktuan, Kode Pos 23711, atau untuk informasi resmi terkait program beasiswa ini dapat diakses pada website http://bkpsdm.acehselatankab.go.id dan melalui media sosial https://www.facebook.com/bkpsdm.acehselatan. Pungkas Ilham Saputra.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.