Pemkab Aceh Selatan Terima UHC Award 2023

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, saat menerima Penghargaan UHC Award 2023, di Jakarta. Selasa (14/03/2023). ANTARAN / IST
Bagikan:

“Sejak tahun 2004, pemerintah Indonesia telah berupaya untuk membentuk suatu system jaminan kesehatan, yang mencakup seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan, kembali meraih penghargaan di bidang layanan kesehatan. Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 ini diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi bersama Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian kepada Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran.

Acara penyerahan penghargaan yang berlangsung di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023) ini turut disaksikan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Informasi diterima antarannews.com, dari Kepala BPJS Kesehatan Tapaktuan, Mahmul Ahyar, yang turut mendampingi Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah, yang sudah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN.

Baca Juga:  Sejumlah Bahan Utama Bumbu Masakan Naik, Segini Harganya Hari Ini

“Dibandingkan jumlah penduduk dan yang telah melakukan integrasi Jamkesda, dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah, sesuai ketentuan Perpres 82 Tahun 2018, Permendagri 84 Tahun 2022, serta Inpres 1 Tahun 2022,” jelasnya.

Mahmul Akhyar menambahkan, UHC sendiri merupakan sistem penjaminan kesehatan, yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

“Sejak tahun 2004, pemerintah Indonesia telah berupaya untuk membentuk suatu system jaminan kesehatan, yang mencakup seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga:  PWI-YEL Gelar Diskusi Publik, Akademisi : Daya Ungkit Ekonomi Aceh Lemah dan Rawan

Dikatakannya, salah satu upaya yang dtempuh adalah, melalui program JKN yang dikelola oleh BPJS. Pencapaian UHC melalui mekanisme asuransi sosial tersebut, agar pembiayaan kesehatan dapat dikendalikan.

“Sehingga keterjaminan pembiayaan kesehatan menjadi pasti dan terus menerus tersedia. Dengan tujuan akhir, tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.

Dilain pihak, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta SH., M.I.Kom, atas nama Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, mengucapkan terima kasih kepada semua kalangan, atas kerjasama dan kerja kerasnya selama ini, sehingga Pemkab Aceh Selatan meraih prestasi, dengan menggondol pengharagaan UHC Award 2023 ini.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan, Putra Aceh Selatan Jadi Imam di Masjid Langkawi Kedah Malaysia

Tgk Amran, melalui Kabag Deka menyebutkan, penghargaan UHC Award ini merupakan wujud kehadiran pemerintah, dalam upaya memastikan ketersediaan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Atas nama pribadi dan Pemkab Aceh Selatan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua kalangan yang telah bekerja keras, sehingga prestasi ini dapat diraih.

“Semoga UHC Award ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua, untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Aceh Selatan” demikian Bupati Tgk Amran.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.