Pemkab Didesak Segera Menegerikan Tujuh Taman Kanak-Kanak di Abdya

Anggota DPRK Abdya, Julinardi.
Bagikan:

“Dengan pentingnya pendidikan TK, maka pemerintah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi standar pendidikan tersebut,” ucap Julinardi.

Jurnalis : Rizal

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui dinas terkait diminta segera menegerikan tujug unit Penididikan Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kabupan setempat. Hal itu disampaikan Julinardi, salah satu anggota DPRK Abdya, Kamis (6/10/2022).

Julinardi menyampaikan, Pendidikan TK merupakan bentuk PAUD yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak usia dini dalam mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

“Dengan pentingnya pendidikan TK, maka pemerintah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi standar pendidikan tersebut,” ucap Julinardi.

Baca Juga:  Pengungsi Sambut Ketua TP PKK Aceh Selatan Penuh Haru dan Air Mata

Terkait dengan standarisasinya, lanjut Julinardi, Pemkab Abdya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat didesak untuk segera menegerikan sejumlah TK yang tersebar di sembilan Kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

“Untuk saat ini, ada tujuh TK yang harus segera dinegerikan oleh Pemerintah yang tersebar di sembilan Kecamatan dalam Kabupaten Abdya,” kata politisi Partai Hanura itu.

Anggota Dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) satu itu, juga mendesak Pemerintah untuk segera menegerikan sekolah taman kanak-kanak tersebut, mengingat pentingnya pendidikan anak-anak di usia dini.

“Kalau TK-TK tersebut sudah berstatus negeri, maka bantuan ataupun sarana dan prasarana yang disediakan pemerintah akan lebih terarah,” terangnya.

Baca Juga:  LLDikti Aceh Disinyalir Kucilkan Universitas Gajah Putih Takengon

Lebih lanjut, anggota dewan yang berdomisili di Gampong Keude Siblah itu menilai, sekolah negeri memiliki keuntungan yang sangat meringankan beban orang tua siswa.

“Sekolah negeri itu merupakan sekolah yang dimiliki oleh pemerintah. Oleh sebab itu, biaya pendidikan di sekolah negeri terbilang lebih murah, bahkan ada beberapa yang sudah tidak memungut biaya sepeser pun. Hal ini karena sekolah negeri menerima bantuan dana dari pemerintah,” ujar Julinardi lebih lanjut.

Karena itu, Julinardi menegaskan, bahwa pemerintah harus benar-benar serius dalam menangani pendidikan di usia dini tersebut. “Solusinya ya harus di negerikan,” tegas Julinardi.

Baca Juga:  Bila Tenaga Kesehatan Belajar Komunikasi dari Dukun

Untuk diketahui, saat ini ada tujuh TK yang sudah siap untuk dinegerikan, diantaranya, TK Pembina Susoh di Desa Lampoh Drien Kecamatan Susoh.

TK Pembina Lembah Sabil Desa Ladang Tuha II Kecamatan Lembah Sabil, TK ABA Sikabu di Desa Padang Sikabu Kecamatan Kuala Batee.

Selanjutnya, TK Pembina Babahrot di Desa Pantee Rakyat Kecamatan Babahrot dan TK Pembina di Desa Padang Lhung, Kecamatan Setia. Juga TK PGRI Cemara Indah di Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh dan TK Nurul Hasanah di Desa Bineh Krueng Kecamatan Tangan-Tangan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.