Pemkab Nagan Raya Serahkan Bantuan Benih Padi untuk 51 Kelompok Tani

Pemkab Nagan Raya Serahkan Bantuan Benih Padi untuk 51 Kelompok Tani. ANTARAN/Didit Arjuna
Bagikan:

“Saya juga ada buka pengaduan masyarakat di media sosial, apabila masyarakat ada keluhan tolong sampaikan ke medsos saya, nanti akan saya teruskan ke dinas untuk segera di tindak lanjuti,” tutur Fitriany.

Reporter : Didit Arjuna

ANTARAN|SUKA MAKMUE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya menyerahkan bantuan benih padi hibrida varietas Infari 32 untuk 51 kelompok tani di Kecamatan Beutong, Suka Makmue dan Kecamatan Kuala, Kabupaten setempat.

Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Senin (15/05/2023).

Program tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian.

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si mengatakan Pemkab Nagan Raya melalui Distannak menyalurkan bantuan benih tersebut untuk petani dengan luas lahan 727 hektar dan benih padi yang diberikan 18.175 kilogram.

Baca Juga:  DPMGP4 Nagan Raya Fasilitasi Pembentukan DRPPA Gampong Lueng Baro

Program tersebut terealisasi dari hasil koordinasi Pemkab Nagan Raya dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

“Saya berharap di Nagan Raya ini dalam ketahanan pangan khususnya dalam penanaman padi, kita tidak ada lagi mengalami kendala, karena telah kita salurkan bantuan benih padi,” ujar Fitriany.

Mengenai kendala perbedaan harga pupuk di toko-toko, lanjut Fitriany, hal tersebut terjadi karena faktor ongkos angkut pupuk. Hal itu diketahui setelah pihaknya melakukan kunjungan ke beberapa toko pupuk di kabupaten Nagan Raya.

“Kami akan terus berusaha mengenai harga pupuk, supaya ongkos angkut itu tidak jauh berbeda dengan harga pupuk saat ini di toko-toko pupuk,” sebut Pj Bupati.

Selain itu, Pemkab Nagan Raya akan selalu melakukan pemeriksaan ke toko-toko distributor pupuk secara kontinu, dengan melibatkan Forkopincam, guna mengecek kesedian pupuk untuk petani cukup, khusus petani padi.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Selatan Apresiasi TNI-Polri Mengamankan Pleno KIP Hingga Rampung

Pj Bupati Fitriany juga mengungkapkan, apabila ada petani padi yang tidak mendapatkan pupuk, ia berharap segera melaporkan ke Distannak agar turun langsung ke lapangan memastikan hal tersebut.

“Saya juga ada buka pengaduan masyarakat di media sosial, apabila masyarakat ada keluhan tolong sampaikan ke medsos saya, nanti akan saya teruskan ke dinas untuk segera di tindak lanjuti,” tutur Fitriany.

Sementara itu, Kepala Distannak, drh Safridhal menjelaskan bahwa bantuan benih padi yang diserahkan kepada petani sebesar 105.350 kg dengan total lahan 4.214 Hektar dari 274 kelompok tani yang tersebar pada sembilan kecamatan di kabupaten Nagan Raya.

“Hari ini kita salurkan 18.175 kg kepada 51 kelompok tani dengan luas lahan 727 hektar yang tersebar di kecamatan Beutong, Suka Makmue dan Kuala,” ucapnya.

Untuk kecamatan lain, beber Safridhal, akan disalurkan secara bertahap dan berangsur-angsur dalam waktu dekat sehingga dapat dimanfaatkan oleh para petani.

Baca Juga:  Kejari Abdya Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Pelaku UMKM

“Kita pilih benih padi Inbrida Varitas Infari 32 karena benih itu menurut hasil survei kami sangat cocok dengan tanah kita di kabupaten Nagan Raya,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan penyerahan benih padi oleh Pj Bupati Fitriany Farhas didampingi Kadistannak Safridhal secara simbolis kepada Kelompok Tani Saban Pakat Desa Blang Sapek Kecamatan Suka Makmue, Kelompok Tani Hudep Sare Desa Lung Baroe Kecamatan Suka Makmue, Kelompok Tani Lhok Pante Ara Desa Alue Ie Mameh Kecamatan Kuala dan Kelompok Tani Harkat Tuha Desa Blang Baro Rambong Kecamatan Beutong.

Turut hadir Kepala PT. Sang Hyang Seri Unit Pemasaran Meulaboh, Muttaqin HM, S.P., Sekretaris Distanak, para Kabid, penyuluh pertanian, keujrun blang kecamatan dan desa serta kelompok tani yang menerima bantuan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.