Pendaftaran Calon Anggota KIP Abdya Dibuka, Syaratnya Boleh Ijazah SMA/Sederajat

Sekretaris Pansel Penjaringan dan Penyaringan calon anggota KIP Abdya, Ikhsan Fajri Antaran/istimewa.
Bagikan:

“Pansel KIP Abdya mulai membuka pendaftaran terhitung, Kamis 27 April hingga 12 Mei 2023,” kata Sekretaris Pansel Penjaringan dan Penyaringan calon anggota KIP Abdya, Ikhsan Fajri. 

Jurnalis : Syamsurizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Masa jabatan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan segera habis. Sebab itu, Panitia Seleksi (Pansel) penjaringan dan penyaringan calon anggota KIP Abdya mulai membuka pendaftaran calon anggota KIP untuk Pemilu 2024 mendatang.

“Pansel KIP Abdya mulai membuka pendaftaran terhitung, Kamis 27 April hingga 12 Mei 2023,” kata Sekretaris Pansel Penjaringan dan Penyaringan calon anggota KIP Abdya, Ikhsan Fajri, Kamis (27/4/2023).

Pembukaan pendaftaran calon anggota KIP Abdya, ini katanya, sesuai dengan Surat Pengumuman Nomor: 1/PANSEL-KIP/ABDYA/IV/2023. Hal itu juga sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh dan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaran Pemilihan Umum dan Pemilihan Aceh.

Dia mengajak masyarakat Abdya yang berminat untuk mendaftarkan diri dan melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan. Katanya, persyaratannya itu tidak rumit yakni.

1. Warga negara Indonesia berdomisili di Kabupaten Abdya, dibuktikan dengan KTP yang sah.

2. Taat menjalankan Syari’at Islam dan mampu membaca Al-Quran dengan baik.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Jaya Hadiri Panen Padi IP-300 di Kecamatan Panga

3. Usia paling rendah 30 tahun saat mendaftar.

4. Setia Kepada Pancasila, UUD 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

5. Mempunyai Integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil.

6. Mempunyai pengetahuan dan keahlian serta berpengalaman pada bidang yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu.

7. Pendidikan paling rendah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/sederajat.

8. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan/hasil pemeriksaan dari rumah sakit umum.

9. Tidak pernah menjadi anggota partai politik Nasional maupun partai lokal yang dibuktikan dengan surat keterangan jangka waktu 5 tahun sebelumnya tidak lagi menjadi anggota partai politik dan pengurus partai politik nasional atau partai politik lokal yang bersangkutan.

10. Tidak pernah dipidana hukuman penjara 5 tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

11. Tidak sedang menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, terdakwa ataupun terpidana.

12. Bersedia tidak duduk jabatan politik, jabatan pemerintah, dan atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) selama masa keanggotaannya apabila terpilih.

Bagi, Aparatur Sipil Negara (ASN), tambahnya, pada saat mendaftar harus menunjukkan rekomendasi atasan langsung dan izin Pejabat Pembina Kepegawaian. Bersedia bekerja penuh waktu.

Baca Juga:  Targetkan Rampung Satu Hari, KIP Abdya Distribusi Logistik Pemilu 2024

Bersedia tidak menjadi calon dalam pemilu setelah terpilih menjadi anggota KIP Kabupaten Abdya. Tidak dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu dan pemilihan.

“Selain dibolehkan dengan ijazah SLTA sederajat, bagi calon juga harus mengajukan surat permohonan yang ditujukan Kepada Ketua Panitia Seleksi Penjaringan dan Penyaringan Calon Anggota KIP Kabupaten Abdya masa kerja 2023-2028,” jelasnya.

Surat permohonan itu, jelas Ikhsan, harus melampirkan surat permohonan yang disediakan oleh Pansel dan melengkapi Daftar Riwayat Hidup; Fotocopy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh Pejabat Berwenang; Pas Photo warna latar belakang merah yang terbaru ukuran 4×6 sebanyak (7) lembar; Fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) yang sah, melampirkan surat pernyataan yang masing-masing ditandatangani diatas materai 10.000.

Masih kata dia, bagi calon anggota KIP juga harus melampirkan pernyataan setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Pernyataan tidak pernah menjadi Anggota Partai Politik selama 5 (lima) tahun terakhir.

Seterusnya, surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan dari Rumah Sakit Umum.

Selanjutnya, surat keterangan tidak pernah dipidana hukuman penjara 5 (tahun) atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Bagi ASN harus melampirkan surat rekomendasi izin pejabat pembina kepegawaian.

Baca Juga:  Bawa 100 Persen Kuota Bacaleg ke KIP, PKB Abdya Target Punya Kursi di Setiap Dapil

Juga harus melengkapi surat pernyataan bersedia tidak duduk jabatan politik, jabatan di Pemerintahan, dan atau dan atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) / Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) selama masa keanggotaannya apabila terpilih. Pernyataan bersedia bekerja penuh waktu.

Kemudian, tambahnya, pernyataan tidak dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu dan Pemilihan. Pemohon dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung terhadap kompetensi pemohon.

Semua berkas dimasukan dalam 1 (satu) amplop disesuaikan dengan urutan. Permohonan dibuat rangkap 3 (tiga) terdiri dari 1 (satu) Asli dan 2 (dua) Fotocopy masing-masing berkas tersebut dimasukkan dalam map batik berwarna coklat.

“Pendaftaran ini dibuka sejak tanggal 27 April -12 Mei 2023, diterima mulai dari pukul 09.00 -16.00 WIB setiap hari kerja, bertempat diruang kerja Sekretariat Pansel KIP Kabupaten Aceh Barat Daya pada DPRK Aceh Barat Daya Jalan Bukit Hijau Komplek Perkantoran ABDYA Blangpidie.

Untuk Nara hubung bisa menghubungi Dedy Asmeiliza, S.T, (085275556776). Pengumuman juga dapat dilihat pada Website Sekretariat DPRK https://dprk.acehbaratdayakab.go.id/,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.