Pendidikan Kader Ulama MPU Aceh Selatan Resmi Ditutup

Ketua MPU Aceh Selatan, Tgk HT Armia Ahmad menyerahkan Piala kepada peserta angkatan kedua pada acara penutupan PKU tahun 2022 di Dian Rana Hotel Tapaktuan, Minggu (27/06/2022). IST
Bagikan:

Jurnalis : Safdar S

ANTARANNESWS.COM|TAPAKTUAN –Pendidikan Kader Ulama (PKU) MPU Aceh Selatan tahun 2022 yang berlangsung di Dian Rana Hotel Tapaktuan secara resmi ditutup Minggu (26/06/2022).

Pendidikan Kader Ulama merupakan salah satu tugas MPU Kabupaten/Kota sebagaimana dijelaskan dalam Qanun Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Majelis Permusyawaratan Ulama.

Pendidikan Kader Ulama (PKU) tahun 2022 yang dibuka pada 18 Mei 2022 yang lalu ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dimulai tanggal 18 Mei 2022 – 6 Juni 2022 untuk Putra/Tgk dan untuk Gelombang Kedua 7 – 26 Juni 2022 untuk putri/ustazah.

Masing-masing gelombang diikuti sebanyak 36 peserta dengan waktu selama 20 hari. Beberapa materi penting untuk putra/Tgk adalah fiqh mukaram yang di sampaikan langsung oleh Ketua MPU Aceh dan ilmu tauhid dan tasawuf di sampai oleh Ketua MPU Aceh Selatan.

Baca Juga:  Pemkab Akan Jemput Jenazah TKI di Banda Aceh

Selanjutnya tarikh kebudayaan islam di sampaikan oleh Prof Dr Misri A Muchsin MA, disamping materi pokok lainnya. Sedangkan untuk materi putri, ada ilmu akhlak dan tasawuf di sampaikan oleh Tgk Rusmadi.

Kemudian menyangkut kesehatan reproduksi di sampaikan oleh Samsidar S,KM Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Selatan, ilmu fiqh wanita di sampaikan oleh Ustz Rasyidah, disamping itu juga materi pokok lainnya yang sifatnya wajib dikuasai oleh calon ulama.

Baca Juga:  Simpan 2,8 kg Ganja Kering, 2 Pemuda Dibekuk Satreskoba Polres Bener Meriah

Dalam seremoni penutupan yang dihadiri Katua MPU Aceh Selatan, Tgk HT Armia Ahmad, Wakil Ketua II MPU Aceh Selatan Tgk Zaimansyah, Kepala Sekretatiat MPU Aceh Selatan, Anakhi SP dan seluruh jajaran Sekretariat MPU Aceh Selatan.

Ketua MPU Aceh Selatan, Tgk HT Armia Ahmad mengatakan, dengan selesainya PKU tidak berarti tugas para ustazah-ustazah telah selesai, namun tugasnya justru bertambah. “Bagaimana dengan ilmu yang telah didapatkan selama PKU dapat diaplikasikan ditengah masyarakat,” pesannya.

Lebih lanjut Abon Armia berpesan, agar para alumni PKPU terus menjalin hubungan koordinasi dan silaturrahmi untuk memperkuat ukhwah sesama calon ulama sekaligus memperkuat kesatuan ulama dalam rangka membentengi ummat dari pendangkalan aqidah dan penyebaran aliran sesat.

Baca Juga:  Innalillahi Wainnailaihi Rajiun, Wartawan Aceh Selatan Berduka

Dalam kesempatan penutupan PKU tahun 2022 juga diumumkan peserta terbaik angkatan kedua sebagai berikut :

1. Ustazah Nailil Muna alumni dayah Mudi Mesra Samalanga guru dayah Sirajul ‘ibad utusan Trumon Timur.

2. Ustazah Andry Novayanti alumni Dayah Darul Ihsan guru dsyah Baburrasyad al aziziyah utusan Pasie Raja.

3. Ustazah Monalisa alumni Dayah Ashabul Yamin Bakongan, Utusan Kecamatan Bakongan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.