Pengadilan Negeri Blangpidie Gelar Sosialisasi dan Teken MoU Aplikasi E-Berpadu

Ketua PN Blangpidie, Munawar Hamidi SH, Kajari Abdya, Heru Widjatmiko SH MH, Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH dan Kepala Lapas Blangpidie, Akhmad Widodo Bc.IP, S.Sos menandatangani MoU terkait penerapan Aplikasi E-Berpadu, Kamis (22/09/2022). ANTARAN / SAHIDAL ANDRIADI
Bagikan:

Ketua PN Blangpidie Munawar Hamidi SH mengatakan, sosialisasi yang dilakukan PN Blangpidie ini berkaitan dengan implementasi E- Berpadu dapat membantu para aparat penegak hukum dalam melakukan berkas perkara pidana dari penyidik penuntut umum maupun ke Pengadilan.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie menggelar Sosialisasi penerapan Aplikasi E-Berpadu (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) yang berlangsung di Aula Media Center PN Blangpidie, Kamis (22/9/2022).

Acara yang dibuka secara daring oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah, Ainal Mardhiah SH MH itu, juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan instansi terkait dalam rangka penerapan Aplikasi E-Berpadu di wilayah hukum tersebut.

Acara sosialisasi tentang penggunaan aplikasi berbasis E-Berpadu tersebut diikuti oleh tim IT Pengadilan Negeri Blangpidie, Kejaksaan Negeri Abdya, Polres Abdya, Lapas Blangpidie dan Advokat dari Lembaga Bantuan Hukum Jendela Keadilan Aceh (LBH-JKA).

Baca Juga:  Rumah Raja Tapaktuan Disulap Jadi Resto dan Gallery IWAPI

Sedangkan MoU terkait penerapan Aplikasi E-Berpadu ini ditandatangani oleh Ketua PN Blangpidie, Munawar Hamidi SH, Kajari Abdya, Heru Widjatmiko SH MH, Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya) AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH dan Kepala Lapas Blangpidie, Akhmad Widodo Bc.IP, S.Sos.

Ketua PN Blangpidie Munawar Hamidi SH, mengatakan, sosialisasi yang dilakukan PN Blangpidie ini berkaitan dengan implementasi E- Berpadu dapat membantu para aparat penegak hukum dalam melakukan berkas perkara pidana dari penyidik penuntut umum maupun ke Pengadilan.

Baca Juga:  Kapolres Aceh Selatan Kunker ke Polsek Labuhanhaji Barat

“Kemanfaatan aplikasi E-Berpadu bertujuan untuk mempermudah birokrasi terutama dalam hal penyitaan dan permohonan penyitaan dari penyidik ke Pengadilan, juga penggeledahan serta pelimpahan berkas perkara dari penuntut umum,” jelas Munawar.

Disamping itu, lanjut Munawar, dengan adanya aplikasi tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses terkait izin besuk tahanan.

“Jadi masyarakat bisa langsung mengakses aplikasi ini berkaitan dengan izin besuk yang mana nanti akan terverifikasi di Pengadilan Negeri dan dilanjutkan ke Lapas untuk nanti di Lapas bisa mengecek secara elektronik, siapa yang mau berkunjung ke sana,” terang Munawar.

Sementara itu, juru bicara PN Blangpidie, Muhammad Sutan Arfaiz Ritongam SH menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi e-berpadu dan MOU dengan stakeholder terkait ini merupakan bentuk komitmen Mahkamah Agung dalam mempercepat terealisasinya aplikasi e-berpadu yang bertujuan untuk mempermudah proses pertukaran data dan dokumen administrasi penanganan perkara Pidana.

Baca Juga:  DPRK Simeulue : Tiga Nama Calon Pj Bupati Simeulue Akan Ditentukan Senin Ini

Kata Sutan Arfaiz, dengan adanya Aplikasi e-berpadu yang telah diluncurkan oleh Mahkamah Agung sejak tanggal 19 Agustus 2022 ini, diharapkan proses-proses seperti perpanjangan penahanan dari pihak kepolisian, pelimpahan berkas perkara dari penuntut umum, izin besuk yang dilaksanakan oleh Lapas dengan permohonan masyarakat umum maupun melalui advokat dapat dilaksanakan melalui aplikasi tersebut.

“Pertukaran data dan informasi yang dilaksanakan melalui aplikasi E-Berpadu ini merupakan implementasi Mahkamah Agung dalam mendukung tercapainya SPPT-TI sebagai program pemerintah,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.