Peran Pers Sangat Penting Dalam Mengawal Isu Anak dan Perempuan

Jajaran YBHA Peutuah Mandiri berpose bersama di Beurawe, Banda Aceh, Jumat (9/2/2024). ANTARAN/dokumen YBHA.
Bagikan:

“Seiring Hari Pers Nasional, kami menyampaikan apresiasi kepada media yang terus mengawal isu anak dan perempuan di provinsi Aceh,”katan Rudy Bastian.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN l BANDA ACEH-Hari Pers Nasional (HPN) 2024 sekaligus memperingati HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke 78, Yayasan Bantuan Hukum Anak (YBHA) Peutuah Mandiri mengapresiasi kegigihan dan kerja keras awak media dalam mengawal berbagai sisi, termasuk perlindungan anak dan perempuan di Provinsi Aceh.

Direktur YBHA Peutuah Mandiri Aceh, Rudy Bastian dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi antaran menyebutkan, HPN yang diperingati setiap tanggal 9 Februari 2024 merupakan titik balik yang tepat untuk rekan-rekan media dalam menyuarakan informasi publik.

Baca Juga:  Sambut Lebaran Idul Fitri 2023, Pj Bupati Abdya Lepas Pawai Takbiran

“Tidak bisa dipungkiri dan dipandang sebelah mata, sepak terjang pemberitaan dan karya jurnalistik teman-teman wartawan sebagai kontrol sosial. Mudah-mudahan terus maju, berkualitas dan profesional,” papar Rudy Bastian, Jumat (9/2/2024).

Ia menambahkan, diakui ataupun tidak, keberadaan teman-teman jurnalis yang tanpa henti dan berkesinambungan memberitakan isu perlindungan anak dan perempuan mesti kami apresiasi perannya.

YBHA sebagai salah satu pranata masyarakat yang telah concern dalam mengawal perlindungan bagi anak dan perempuan merasakan betul keberadaan pers selama ini. Terlebih dalam mengabarkan kejadian terkait pelanggaran akan hak dasar bagi anak dan perempuan.

Masih komentar Rudy Bastian, peran YBHA dan kolaborasi bersama insan pers saban hari, sangat terbantu dengan pengungkapan perkara-perkara yang terjadi di sekeliling masyarakat. Bisa saja tanpa informasi dari media akan luput dari pantauan kami elemen peduli anak dan perempuan di Aceh.

Baca Juga:  Dalam Rangka Penyegaran, Pj Bupati Aceh Jaya Rotasi Sejumlah Pejabat

“Perlu digaris bawahi dan di tinta emaskan, kondisi provinsi Aceh saat ini sedang dalam pantauan besar terkait meningkatnya angka kekerasan terhadap anak dan perempuan dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Berangkat dari pengalaman dan sederetan kasus, mesti diakui sangat perlu dukungan kawan-kawan media. Bukan saja sebagai corong informasi tapi juga mesti  diposisikan sebagai speaker rekayasa kebijakan yang memihak perempuan dan anak.

Baca Juga:  Tahanan Polres Aceh Selatan Ikut Bimbingan Rohani dan Mental

“Tetesan tinta karya jurnalistik teman-teman media menjadi arah bagi kelangsungan pengawasan, pendidikan maupun kritikan konstruktif di tengah-tengah kemajuan bangsa dan negara,” imbuh direktur YBHA Peutuah Mandiri.

Di ujung tulisannya, YBHA yang berkantor di jalan Keuchik Amin Nomor 4 Beurawe, Banda Aceh memberi support kepada teman-teman media, semoga kerja keras dan pemberitaan yang dihasilkan akan mampu melahirkan tatanan baru Aceh yang ramah dan peduli lebih terhadap perempuan dan anak kedepannya.

“Selamat Hari Pers Nasional 2024, mudah-mudahan teman-teman media terus jaya dalam mengemas pemberitaan di berbagai sektor di bumi Aceh dan seluruh Indonesia,” pungkas Rudy Bastian. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.