Peringatan HLHS 2024, Pemerintah Nagan Raya Beri Penghargaan Untuk Sejumlah Keuchik dan Perusahaan

Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah stakeholder atas partisipasinya sehingga Kabupaten Nagan Raya meraih Penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2023, Senin (10/06/2024). ANTARAN / Didit Arjuna
Bagikan:

“NEK menjadi bagian dari kekayaan alam Indonesia yang harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” ujar Fitriany.

Jurnalis : Didit Arjuna

ANTARAN|SUKAMAKMUE – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menggelar upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2024 dengan tema “Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan Terhadap Kekeringan”.

Upacara yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Senin (10/06/2024).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany Farhas membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya.

Baca Juga:  Alhudri : Kenalkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini

Dalam sambutan Menteri LHK disebutkan bahwa tanggal 5 Juni yang diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan Keputusan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1972 saat Konferensi Stockholm.

“Hingga kini dalam peringatannya secara mendunia, pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimandatkan kepada satu Negara yang ditunjuk dan untuk tahun 2024, Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024,” kata Fitriany.

Lebih lanjut, Fitriany menyampaikan bahwa fokus HLHS tahun 2024 di Indonesia adalah pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

Hal ini sejalan dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2021 tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang bertujuan mendorong aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Baca Juga:  Dibantu Personel Gabungan, BNN RI Musnahkan Ladang Ganja di Aceh Selatan

“NEK menjadi bagian dari kekayaan alam Indonesia yang harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” ujar Fitriany.

Usai upacara, Pj. Bupati Fitriany Farhas menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah stakeholder atas partisipasinya sehingga Kabupaten Nagan Raya meraih Penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan kepada sejumlah keuchik, kepala sekolah dan Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Nagan Raya, yaitu Keuchik Purwodadi dan Purwosari Kecamatan Kuala Pesisir, Keuchik Simpang Peut Kecamatan Kuala, Kepala SMA Negeri 2 Kuala, Kepala SMP Negeri 5 Seunagan dan Kepala SD Negeri Purwodadi.

Baca Juga:  Kodam IM Ungkap Jaringan Perdagangan Manusia Etnis Rohingya

Selanjutnya PT Bara Energi Lestari (Bel), PT Surya Panen Subur (SPS), PT Kharisma Iskandar Muda, PT Fajar Baizuri & Brother, PT Brata Subur Persada, PT Socfindo Kebun Seunagan, PT Socfindo Kebun Seumayam, CV Kuari Suak Bilie serta Koperasi Produsen Biru Muda Raya.

Upacara HLHS ini dihadiri oleh Forkopimda, Sekda, para Asisten, Kepala SKPK, Polisi Hutan (Polhut), Petugas Kebersihan, ASN serta THL di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.