Permudah Para Ulama dan Santri, MPU dan Dukcapil Aceh Selatan Jalin Kerjasama

MPU Aceh Selatan melakuman penandatanganan perjanjian kerjasana dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Aceh Selatan, Jumat (10/02/2023). Dok MPU Asel
Bagikan:

“Program tersebut diberi nama, Layanan Pojok PALA SANTRI atau Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi Ulama, Santri dan Santriwati di Aceh Selatan,” jelas Gusmawi, Jumat (10/02/2023).

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARANNEWS.COM|TAPAKTUAN – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Selatan terus membuka dan menjalin komunikasi dengan berbagai stakeholder, SKPK dan instansi lainnya. Hal itu disampaikan Kepala Sekretariat MPU Aceh Selatan, Gusmawi Mustafa SE.

Dikatakannya, hal itu menindaklanjuti hasil rapat penyusunan program MPU Aceh Selatan tahun 2023 pada tanggal 18 Januari 2023, untuk mewujudkan eksistensi peran Ulama dalam Pembangunan Daerah salah satunya melalui pembuatan Perjanjian Kerjasama MPU Aceh Selatan dengan berbagai pihak.

Gusmawi mengatakan, guna membantu pelayanan para santri dan santriwati serta para ulama untuk membuat dokumen kependudukan, MPU Aceh Selatan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Aceh Selatan.

Baca Juga:  Korban Hanyut di Aceh Selatan Ditemukan di Perairan Nagan Raya

“Program tersebut diberi nama, Layanan Pojok PALA SANTRI atau Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi Ulama, Santri dan Santriwati di Aceh Selatan,” jelas Gusmawi, Jumat (10/02/2023).

Disebutkannya, pelayanan Administrasi kependudukan ini menjadi sangat berguna bagi Ulama, Alumni Pendidikan Kader Ulama (Alumni PKU), Santri Santriwati yang tersebar di seluruh gampong dan Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan.

“Layanan Administrasi Kependudukan berupa, Perekaman/cetak e-KTP, proses dan pembuatan dokumen Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Surat Pindah Penduduk, Surat Datang Penduduk, Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dan layanan kependudukan lainnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gusmawi Mustafa selaku Kepala Sekretariat MPU Aceh Selatan menyampaikan dan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penandatanganan Dokumen Perjanjian Kerjasama ini.

“Dukungan dari Disdukcapil Aceh Selatan menjadi sebuah kebutuhan kita dalam upaya mewujudkan berbagai program yang telah disepakati. Dokumen yang telah selesai, insya Allah kita akan antar langsung kepada Ulama, Santri Santriwati yang tersebar di seluruh Aceh Selatan,” ungkap Gusmawi Mustafa.

Baca Juga:  Jelang Meugang Idul Fitri, Disperindagkop Aceh Selatan Pastikan Kesediaan Minyak Goreng Aman

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Selatan, H. Lahmuddin, S.Sos menyampaikan bahwa program ini sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini bagi unsur Ulama, Santri Santriwati di Aceh Selatan.

Sementara itu, Muzakir, S.Sos, Analis Kebijakan Muda pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Selatan menyampaikan bahwa pelayanan untuk Ulama, Santri Santriwati kita fokuskan untuk lima dokumen kependudukan.

“Akan kita layani setiap hari kerja melalui adanya Loket-loket pelayanan yang telah tersedia untuk memproses atau memverifikasi dokumen yang dibawa oleh Petugas Sekretariat MPU Aceh Selatan untuk keabsahan sebuah dokumen sesuai kebutuhan masing-masing,” sebutnya.

Baca Juga:  Nyambi Jual Ganja, Nelayan di Aceh Singkil Ditangkap Polisi

Dikatakannya, para Ulama dan Santri Santriwati menyerahkan dokumen kepada petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui petugas yang sudah dibekali identitas Sekretariat MPU Aceh Selatan sehingga tidak menimbulkan persepsi kesalahpahaman antara petugas di Sekretariat MPU dengan Disdukcapil.

“Bahwa dengan adanya Perjanjian Kerjasama ini, maka para Ulama, Santri Santriwati tidak lagi datang ke Disdukcapil, cukup di Sekretariat MPU Aceh Selatan untuk menyerahkan dan menerima dokumen kependudukan yang telah dicetak oleh Disdukcapil. MoU dilakukan untuk masa 2 tahun, dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan yang ada,” katanya.

Penandatanganan kerja sama MPU dengan Dukcapil Aceh Selatan tersebut juga turut dihadiri oleh para Kepala Bidang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Selatan, unsur MPU Aceh Selatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.