Perumdam Tirta Abdya Terus Berbenah, Pelanggan Capai 2.948

Direktur Perumdam Tirta Abdya, Rosi Padedi ST,.MT. ANTARAN / Agus
Bagikan:

“Yang lebih membanggakan adalah Perumdam Tirta Abdya saat ini menyandang predikat Perumdam dengan kinerja tersehat dalam wilayah Barat Selatan Aceh tahun buku 2022 berdasarkan hasil audit,” terangnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Aceh Barat Daya (Abdya) terus melakukan pembenahan dan optimalisasi layanan bagi para pelanggan.

Meski usia Perumdam Tirta Abdya tergolong muda, namun pelanggan air bersih sudah mencapai 2.948. Jumlah pelanggan tersebut berada dalam beberapa wilayah di kabupaten setempat.

Direktur Perumdam Tirta Abdya, Rosi Padedi ST,.MT kepada wartawan Selasa (21/11/2023) menyebutkan, keseluruhan angka pelanggan tersebut terbagi lagi kedalam dua bagian yakni pelanggan aktif dan pelanggan non aktif.

Baca Juga:  Parah, Harga Sawit Sudah Ambruk 82,7 Persen

Pelanggan aktif hingga saat ini sebanyak 1.281 dan pelanggan non aktif 1.667. Dalam proses suplai air bersih ke setia pelanggan, pihaknya dibantu sebanyak lima instalasi pengolahan air (IPA) diantaran IPA Lembah Sabil, Tangan-Tangan, Blangpidie, Jeumpa dan Babahrot.

“Tidak semua warga Abdya berlangganan air bersih dengan Perumdam Tirta Abdya. Hal itu dikarenakan sejumlah desa juga mengupayakan penyediaan air bersih bagi warganya seperti di Kecamatan Kuala Batee, kemudian ada juga warga yang menggunakan sumur bor serta dari penyedia air bersih yang lain,” ujarnya.

Baca Juga:  Jalan Santai dan Doorprize Meriahkan HUT RI Ke 77 di Tangan-Tangan

Sementara itu, tarif penggunaan jasa layanan air bersih ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Abdya Nomor 607 tahun 2018 untuk pelanggan rumah tangga dimulai dari harga Rp 3.000 per kubik, sedangkan untuk kategori instansi pemerintahan dimulai dengan Rp 7.000 per kubik.

Meski demikian, saat ini pihaknya tengah mengupayakan untuk pengusulan penurunan tarif air bersih bagi pelanggan rumah tangga, termasuk untuk pelanggan kategori kurang mampu.

Ditambahkan, upaya untuk terus memperbaiki layanan kepada masyarakat terus dilakukan dengan melakukan pembenahan termasuk optimalisasi kondisi jaringan suplai air.

Baca Juga:  Ketua Bawaslu Agara Sambangi PWI

Terlebih wilayah Abdya memiliki sumber air yang bersih, hanya saja diperlukan upaya dan kerja keras agar air bersih itu sampai ke rumah-rumah warga.

“Yang lebih membanggakan adalah Perumdam Tirta Abdya saat ini menyandang predikat Perumdam dengan kinerja tersehat dalam wilayah Barat Selatan Aceh tahun buku 2022 berdasarkan hasil audit,” terangnya.

Akan hal itu, pihaknya dalam upaya memberikan layanan yang lebih maksimal kepada para pelanggan, tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak, agar perubahan kearah yang lebih maju dapat terwujud.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.